Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempat Dikembalikan, Akhirnya Berkas Pendaftaran PKPI Diterima KPU Batam

Kompas.com - 18/07/2018, 10:46 WIB
Hadi Maulana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Hari terakhir batas waktu dibukanya pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) DPRD Kota Batam oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam, sempat tegang.

Pasalnya berkas PKPI sempat dinyatakan tidak lengkap oleh KPU Batam sehingga dikembalikan di hari terakhir tersebut.

Namun sekitar pukul 23.16 WIB, akhirnya KPU Batam menyatakan berkas pendaftaran yang diajukan PKPI sudah lengkap.

"Benar memang ada dua berkas yang kami kembalikan, yakni PBB dan PKPI. Namun PBB lebih cepat memperbaiki kekuranganya, sementara PKPI yang agak sedikit menegangkan, karena sekitar pukul 23.16 WIB baru berhasil melengkapi kekurangnya," kata Komisioner KPU Batam, Zaki Setiawan, Selasa (17/7/2018) malam.

Baca juga: KPU Bangka Belitung: Hanya PKPI Tidak Mendaftarkan Bacaleg

Untuk partai terakhir yang melakukan pendaftaran yakni partai Hanura. Namun demikian berkas yang diserahkan Hanura sama sekali tidak ada masalah dan langsung dinyatakan terdaftar.

"Setelah ini kami langsung melakukan verifikasi syarat-syarat bacaleg yang berlangsung dari hari ini, Rabu (18/7/2018)," jelas Zaki.

Verifikasi akan berlangsung Kamis (19/7/2018) hingga Minggu (21 Juli 2018). Selanjutnya partai politik diberikan waktu perbaikan, sejak tanggal 22 Juli 2018 hingga 31 Juli 2018.

"Lebih kurang ada waktu 10 hari untuk partai politik memlakukan kelengkapan, dan setelah itu tanggal 12 Agustus hingga 14 Agustus 2018 baru dilakukan penetapan daftar calon sementara (DCS)," ungkap Zaki.

Baca juga: Server KPU Sempat Down Saat Partai Demokrat Daftarkan Bakal Caleg

Zaki berharap selama proses ini, sejumlah 16 partai yang menjadi peserta pemilu 2019 ini bisa selalu memonitor, sehingga proses ini bisa berjalan lancar dan tidak mengecewakan.

Disinggung jika ada partai politik yang kurang monitor sehingga telat melakukan perbaikan, Zuki mengaku tidak menutup kemungkinan akan tidak lolos, dalam arti lain dilakukan pencoretan.

"Tapi kami berharap hal ini tidak terjadi di Batam, karena kami yakin 16 partai peserta pemilu 2019 di Batam semuanya kooperatif dan saling mendukung," kata Zaki.

Kompas TV Simak dialognya dalam Sapa Indonesia Pagi berikut ini
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com