Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Terakhir Pendaftaran Caleg, Kantor KPU Kota Bogor Masih Sepi

Kompas.com - 17/07/2018, 16:23 WIB
Ramdhan Triyadi Bempah,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor tampak sepi dari aktivitas pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg), Selasa (17/7/2018).

Diketahui, hari ini adalah hari terakhir bagi setiap calon legislatif untuk mendaftar Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019.

Dari pantauan, hingga pukul 13.30 WIB, belum ada satu pun caleg maupun partai politik yang datang ke kantor KPU Kota Bogor.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor, Undang Suryatna, mengatakan, dari 16 partai politik peserta Pemilu 2019, baru Partai Nasdem yang sudah mendaftarkan caleg-calegnya.

"Sampai sekarang, belum ada satu pun yang daftar. Kalau kemarin, iya cuma satu, dari Nasdem," kata Undang saat ditemui di kantor KPU Kota Bogor.

Padahal, kata Undang, penutupan waktu pendaftaran caleg dibatasi hingga pukul 00.00 WIB, malam ini.

Baca juga: Daftar Bakal Caleg, Demokrat Bawa Buah dan Kue ke KPU Palopo

Ia pun mengaku, tidak akan ambil pusing jika nanti menjelang penutupan masih banyak peserta yang mengantre untuk mendaftar.

"Kalau nanti masih ada yang antre di akhir-akhir pendaftaran, maka gerbang kantor akan kita tutup. Ya, berarti mereka enggak bisa daftar," kata Undang.

"Mau dia belum lengkap atau belum daftar, pokoknya nggak ada tambahan waktu. Artinya mereka gagal," tambah dia.

Sementara itu, Komisioner KPU Kota Bogor, Samsudin, mengatakan, pihaknya telah mengembalikan berkas-berkas pendaftaran bakal calon legislatif dari Partai Nasdem.

Pengembalian berkas karena adanya kesalahan dalam penyusunan nomor urut keterwakilan perempuan (format B.1 BMS).

"Setelah diverifikasi, berkasnya ada kesalahan. Di Format B.1 BMS penempatan keterwakilan perempuan salah penempatan sehingga dikembalikan lagi," ucap Samsudin.

Samsudin menilai, lambatnya pendaftaran Bacaleg di Kota Bogor karena adanya berkas yang belum lengkap, seperti hasil tes kesehatan hingga parpol yang masih menunggu rekomendasi dari tingkat atas (pusat).

“Diperkirakan, pas akhir-akhir waktu penyerahkan berkas caleg bakal membeludak. Tapi kami sudah mengatisipasinya dengan membuat empat tim verifikasi," sebutnya.

Baca juga: Hari Terakhir Pendaftaran Caleg, KPU Jabar Siap Lembur

Ketua DPD Partai Nasdem Kota Bogor, Ian Mulyana mengaku, berkas pendaftaran dikembalikan oleh KPU karena adanya kesalahan penempatan komposisi keterwakilan perempuan di Dapil I (Timur-Tengah).

Seharusnya, lanjut Ian, keterwakilan perempuan ditempatkan di nomor urut tujuh, delapan dan sembilan. Lanjut dia, ada 50 caleg yang mendaftar dari partai besutan Surya Paloh itu.

"Itu harus dibereskan. Kita akan mengembalikan berkasnya nanti sore. Rencananya, semua caleg dari Nasdem juga bakal ikut datang ke KPU," tutur dia.

Kompas TV Tiga hari menjelang penutupan pendaftaran calon legislatif masih belum ada partai politik yang mendaftarkan calon legislatifnya ke KPU.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com