Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenlu Fasilitasi Kopi Bondowoso Masuk ke Amerika Latin

Kompas.com - 17/07/2018, 16:01 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BONDOWOSO, KOMPAS.com - Kementerian Luar Negeri akan memfasilitasi kopi arabika Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, untuk masuk pasar internasional di Amerika Latin, khususnya ke Negara Chile.

Demikian disampaikan Direktur Amerika II Kementerian Luar Negeri, Julang Pujianto, usai sarasehan tentang peningkatan kapasitas ekspor produk kopi dan kakao Indonesia ke mancanegara, Selasa (17/7/2018).

Menurut dia, kerja sama perdagangan antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Chile telah ditandangani. Kerja sama dimaksud terhimpun dalam Indonesia Chile Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA).

“Pemerintah Indonesia telah menandatangani persetunuan perdagangan dengan pemerintah Chile, dengan tarif rendah bahkan bisa nol rupiah tarifnya,” ungkapnya.

Menurut Julang, persetujuan perdagangan tersebut merupakan peluang besar bagi Indonesia untuk memasarkan produknya, khususnya ke Negara Chile.

“Ini satu peluang bagi kita, termasuk produk kopi Bondowoso serta produk dari daerah sekitar, untuk masuk ke Chile. Tugas kami mencarikan peluang pasar agar produk kopi dan cokelat bisa masuk ke sana,” tambahnya.

Baca juga: Wine Coffee, Kopi Fermentasi Seharga Rp 2 Juta Per Kilogram

Saat ini, lanjut dia, pihaknya sedang meneliti berapa besaran permintaan dari Pasar Chile, khususnya untuk produk kopi dan cokelat.

“Kita sedang melakukan penelitian terkait permintaan pasar tersebut. Sehingga kita bisa memastikan, produk apa saja yang bisa masuk ke sana. Selain itu, kita juga sedang melakukan penetrasi di pasar kopi besar seperti di Brazil,” terang Julang.

Sementara itu, Bupati Bondowoso Amin Said Husni menyambut baik kehadiran Kementerian Luar Negeri, untuk memfasilitasi kopi arabika Bondowoso bisa menembus pasar internasional, terutama di wilayah Amerika Latin.

“Sementara ini, kopi kita yang telah menembus pasar internasional melalui antar pembeli. Tentu dengan kehadiran dan peran dari Kemenlu untuk menjembatani Kopi Bondowoso agar masuk ke negara Chile, harus kita sambut baik,” katanya.

Baca juga: Gibran: Martabak, Pisang Goreng dan Kopi, Bisa Diterima Semua Orang

Saat ini, Kopi Arabika Bondowoso sudah menembus Pasar Eropa, seperti Belanda, Swiss, dan sejumlah negara di Asia.

“Kita berharap peran dari Kemenlu ini agar lebih konkrit dan berkelanjutan, sehingga akan berdampak terhadap kesejahteraan petani,” harap bupati dua periode ini.

Kompas TV Wajakopi Kuningan bertempat di Sukageuri View, kabupaten Kuningan, Jawa Barat.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com