Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BERITA FOTO: Hari Pertama Sekolah untuk Anak, Berjuta Rasanya

Kompas.com - 16/07/2018, 17:30 WIB
Caroline Damanik

Editor

KOMPAS.com - Seorang ibu sibuk menenangkan anak perempuannya yang sesenggukan, Senin (16/7/2018).

Sang anak menangis pada hari pertamanya masuk sekolah di SD Negeri Sumber Agung di Jalan Bayangkara, Serang, Banten.

Setelah libur panjang usai, hari ini, Senin (16/7/2018), adalah hari pertama tahun ajaran baru 2018/2019 di mayoritas sekolah di Indonesia.

Pekan lalu, 9 Juli, memang sudah ada beberapa sekolah yang sudah memberlakukan masuk sekolah.

Di TK Al Falah, Kota Kediri, Jawa Timur, misalnya, hari pertama masuk sekolah diisi dengan kegiatan pengenalan lingkungan sekolah.

Bagi banyak anak, termasuk yang sudah bersekolah sebelumnya, jutaan rasa berkecamuk pada hari pertama masuk sekolah. Ada yang bergembira tetapi juga khawatir. Ada pula yang sedihnya minta ampun hingga menangis sesenggukan.

Tak hanya anak-anak, perasaan orangtuanya tak kalah campur aduk. Senang, bangga, terharu tetapi sekaligus waswas, khawatir juga sedih.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mendorong orangtua untuk membantu menyiapkan mental anak saat hari pertama masuk sekolah agar anak lebih percaya diri dan siap menyerap pelajaran di sekolah.

Orangtua juga didorong untuk mengantarkan anak langsung ke sekolah dan menitipkan kepada guru secara eksplisit.

Berbagai ekspresi pun terekam pada hari pertama sekolah dari seantero Nusantara:

 

Sejumlah siswa berbaris memasuki kelas pada saat hari pertama masuk sekolah di Taman Kanak-kanan (TK) Al Falah, Kota Kediri, Jawa Timur, Senin (16/7). Hari pertama masuk sekolah tahun ajaran 2018-2019 dimulai secara serentak di Indonesia pada Senin 16 Juli dan diisi dengan kegiatan pengenalan lingkungan sekolah. ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani Sejumlah siswa berbaris memasuki kelas pada saat hari pertama masuk sekolah di Taman Kanak-kanan (TK) Al Falah, Kota Kediri, Jawa Timur, Senin (16/7). Hari pertama masuk sekolah tahun ajaran 2018-2019 dimulai secara serentak di Indonesia pada Senin 16 Juli dan diisi dengan kegiatan pengenalan lingkungan sekolah.

 

Seorang ibu menenangkan anaknya yang menangis saat hari pertama masuk sekolah di SD Negeri Sumber Agung, di Jalan Bayangkara, Serang, Banten, Senin (16/7). Pemerintah melalui Menteri Pendidikan mengingatkan pentingnya tanggung jawab orang tua membantu menyiapkan mental anak saat hari pertama masuk sekolah agar anak lebih percaya diri dan siap menyerap pelajaran di sekolah.ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman Seorang ibu menenangkan anaknya yang menangis saat hari pertama masuk sekolah di SD Negeri Sumber Agung, di Jalan Bayangkara, Serang, Banten, Senin (16/7). Pemerintah melalui Menteri Pendidikan mengingatkan pentingnya tanggung jawab orang tua membantu menyiapkan mental anak saat hari pertama masuk sekolah agar anak lebih percaya diri dan siap menyerap pelajaran di sekolah.

 

Seorang ibu duduk mendampingi anaknya saat hari pertama masuk sekolah di SD Negeri Sumber Agung, di Jalan Bayangkara, Serang, Banten, Senin (16/7). Pemerintah melalui Menteri Pendidikan mengingatkan pentingnya tanggung jawab orang tua membantu menyiapkan mental anak saat hari pertama masuk sekolah agar anak lebih percaya diri dan siap menyerap pelajaran di sekolah. ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman Seorang ibu duduk mendampingi anaknya saat hari pertama masuk sekolah di SD Negeri Sumber Agung, di Jalan Bayangkara, Serang, Banten, Senin (16/7). Pemerintah melalui Menteri Pendidikan mengingatkan pentingnya tanggung jawab orang tua membantu menyiapkan mental anak saat hari pertama masuk sekolah agar anak lebih percaya diri dan siap menyerap pelajaran di sekolah.

 

Murid baru mengikuti kegiatan hari pertama sekolah di SDN-7 Lhokseumawe, Aceh, Senin (16/7). Hari pertama masuk sekolah tahun ajaran 2018-2019 dimulai secara serentak di Indonesia pada Senin 16 Juli. ANTARA FOTO/Rahmad Murid baru mengikuti kegiatan hari pertama sekolah di SDN-7 Lhokseumawe, Aceh, Senin (16/7). Hari pertama masuk sekolah tahun ajaran 2018-2019 dimulai secara serentak di Indonesia pada Senin 16 Juli.

 

Sejumlah orang tua murid kelas satu (kiri) membantu anaknya mencari kelas pada hari pertama masuk sekolah di SMPN 128 HalimPK, Jakarta, Jumat (13/7). Kegiatan belajar mengajar kembali normal pada Senin (16/7) setelah libur panjang. ANTARA FOTO/Saptono Sejumlah orang tua murid kelas satu (kiri) membantu anaknya mencari kelas pada hari pertama masuk sekolah di SMPN 128 HalimPK, Jakarta, Jumat (13/7). Kegiatan belajar mengajar kembali normal pada Senin (16/7) setelah libur panjang.

 

Prajurit TNI menggendong seorang siswa SMP yang keluar dari angkutan kota yang mogok akibat banjir saat berangkat pada hari pertama masuk sekolah tahun ajaran baru, di Jalan dr Mansyur, Medan, Sumatra Utara, Senin (9/7). Sejumlah siswa di Kota Medan terlambat pada hari pertama masuk sekolah karena terdampak banjir. ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi Prajurit TNI menggendong seorang siswa SMP yang keluar dari angkutan kota yang mogok akibat banjir saat berangkat pada hari pertama masuk sekolah tahun ajaran baru, di Jalan dr Mansyur, Medan, Sumatra Utara, Senin (9/7). Sejumlah siswa di Kota Medan terlambat pada hari pertama masuk sekolah karena terdampak banjir.

 

Guru bersalaman dengan murid baru kelas 1 saat hari pertama masuk sekolah, di SD Negeri Lengkong Wetan 1, Serpong Utara, Tangerang Selatan, Senin (16/7/2018). Sebanyak 120 murid baru di SDN Lengkong Wetan 1 nampak diantar oleh orangtua pada hari pertama tahun ajaran baru 2018/2019KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Guru bersalaman dengan murid baru kelas 1 saat hari pertama masuk sekolah, di SD Negeri Lengkong Wetan 1, Serpong Utara, Tangerang Selatan, Senin (16/7/2018). Sebanyak 120 murid baru di SDN Lengkong Wetan 1 nampak diantar oleh orangtua pada hari pertama tahun ajaran baru 2018/2019

 

Tingkah polah murid baru kelas 1 saat hari pertama masuk sekolah, di SD Negeri Lengkong Wetan 1, Serpong Utara, Tangerang Selatan, Senin (16/7/2018). Sebanyak 120 murid baru di SDN Lengkong Wetan 1 nampak diantar oleh orangtua pada hari pertama tahun ajaran baru 2018/2019KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Tingkah polah murid baru kelas 1 saat hari pertama masuk sekolah, di SD Negeri Lengkong Wetan 1, Serpong Utara, Tangerang Selatan, Senin (16/7/2018). Sebanyak 120 murid baru di SDN Lengkong Wetan 1 nampak diantar oleh orangtua pada hari pertama tahun ajaran baru 2018/2019

 

Tingkah polah murid baru kelas 1 saat hari pertama masuk sekolah, di SD Negeri Lengkong Wetan 1, Serpong Utara, Tangerang Selatan, Senin (16/7/2018). Sebanyak 120 murid baru di SDN Lengkong Wetan 1 nampak diantar oleh orangtua pada hari pertama tahun ajaran baru 2018/2019KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Tingkah polah murid baru kelas 1 saat hari pertama masuk sekolah, di SD Negeri Lengkong Wetan 1, Serpong Utara, Tangerang Selatan, Senin (16/7/2018). Sebanyak 120 murid baru di SDN Lengkong Wetan 1 nampak diantar oleh orangtua pada hari pertama tahun ajaran baru 2018/2019

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com