Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Pedagang Pasar Gedebage yang Rugi Miliaran Rupiah Akibat Kebakaran

Kompas.com - 16/07/2018, 14:49 WIB
Agie Permadi,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Pasca-kebakaran di Pasar Induk Gede Bage, terlihat para pemilik kios tengah membersihkan dan memunguti puing-puing bangkai kios barang yang sudah hangus dilahap si jago merah pada Minggu (15/7/2018) dini hari kemarin.

Tak sedikit juga mereka yang berusaha mencari barang dagangan yang masih tersisa di balik puing-puing kebakaran itu berharap ada yang masih bisa diselamatkan.

Seperti salah satu korban pedagang sembako yang kiosnya terbakar, Ade (39) menceritakan, saat kebakaran terjadi, ia tengah berada di kediamannya di wilayah Cibatu.

Ade mengaku kaget saat mendapatkan informasi dari rekannya di pasar bahwa Pasar Gedebage terbakar hebat.

Tak menunggu lama, Ade langsung bertolak ke pasar untuk melihat kondisi kiosnya. Siapa sangka kiosnya pun ikut terbakar, begitupun dengan barang dagangannya. Ade hanya bisa pasrah melihat kejadian tersebut.

Pasca-kebakaran Senin (16/7/2018), Ade bersama pegawainya tengah membersihkan puing dan mencari barang dagangan yang tersisa dengan harapan bisa diselamatkan sebagian.

"Kios saya ini yang terakhir kena. Ya, sekarang saya bersihkan dulu saya. Siapa tahu ada barang dagangan sisa kebakaran. Kalau memang ada ya saya coba retur," tutur Ade di lokasi kebakaran, Senin siang.

Baca juga: Pasar Gedebage Terbakar, Kerugian Mencapai Rp 5,5 Miliar

Akibat kebakaran itu, pihaknya mengaku rugi miliaran rupiah.

"Kerugian mencapai 1,5 miliar," ucap pria yang sudah berdagang di Pasar Gedebage sejak tahun 2000 itu

Ke depan pihaknya berharap bisa berdagang kembali secepatnya. Menurutnya, kiosnya yang berdiri saat ini dikelola oleh pihak ketiga, yakni PT Ginanjar Saputra.

Pihak pengelola pun menyediakan lokasi bagi para pedagang untuk kembali berdagang. Bahkan kios miliknya akan kembali direnovasi.

"Pengennya sih cepet dagang lagi. Pihak pengelola juga menyediakan lokasi berdagang buat kami. Nungkin nantinya kita akan berdagang di sana untuk sementara. Lagian ada tanggapan juga kios bakal direnovasi," jelasnya.

Baca juga: Kebakaran Landa Pasar Gedebage, 800 Kios Hangus Terbakar

Kompas TV Puluhan kios sayuran dan sembako di Pasar Gedebage, Bandung, Jawa Barat terbakar pada Minggu (15/7) dini hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com