Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asian Games, 59.000 Wisatawan Asing Diprediksi “Serbu” Palembang dan Jakarta

Kompas.com - 12/07/2018, 15:46 WIB
Aji YK Putra,
Reni Susanti

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) memprediksi, sebanyak 59.000 wisatawaan asing (wisman) akan datang ke Palembang dan Jakarta pada Asian Games yang berlangsung 18 Agustus 2018.

Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi dan Kawasan Pariwisata Kemenpar, Anang Sutomo mengatakan, 59.000 itu merupakan para atlet dan official serta suporter negara dari Asia yang mengikuti cabang olahraga Asian Games.

Anang menjelaskan, Asian Games sangat memengaruhi jumlah wisatawan asing berkunjung ke Indonesia.

Bahkan sebelum hajatan besar itu berlangsung, 6,5 juta wisman telah memenuhi tempat wisata di tanah air.

Baca juga: Ular King Kobra Pematuk Rizky, Disimpan di Samping Tubuh Pemiliknya

“Sejak awal tahun, sudah 6,5 juta wisatawan asing datang ke Indonesia. Ini meningkat 21 persen dibanding tahun lalu,” tutur Anang, di Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Palembang, Kamis (12/7/2018).

Dengan peningkatan jumlah wisatawan asing ini, Kemenpar terus membenahi seluruh fasilitas tempat wisata di seluruh Indonesia. Terlebih lagi di Palembang dan Jakarta.

“Yang pasti kunjungan paling besar di Palembang dan Jakarta, karena ada Asian Games, semuanya (faslitas) sudah dibenahi agar para wisman bisa nyaman,” ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Palembang, Isnaini Madani menyebutkan, saat ini destinasi wisata di Palembang berjumlah 70 lokasi.

Tahun ini, jumlah destinasi bertambah 13 itu kembali bertambah sebanyak 13 Destinasi baru yang siap menyambut para pengujung saat Asian Games.

“Pedestrian Sudirman, Sekanak Bersolek, dan berbagai tempat lain sudah menjadi wisata baru di Palembang. Totalnya ada 13 destinasi baru,” tutur dia.

Baca juga: Jual Istri di Media Sosial, Suami Ditangkap Saat Layani Pelanggan

Isnaini menambahkan, untuk meningkatkan wisata di Palembang, mereka akan bekerja sama dengan KPI, Asita, dan Inasgoc.

Kerja sama meliputi koordinasi waktu agar para atlet dan official dapat melihat keindahan 13 destinasi wisata tersebut.

“Palembang akan menjadi menarik di mata dunia, karena kita sudah siap untuk menjual destinasi wisata di Sumsel,” tutupnya.

Kompas TV Menjelang perhelatan Asian Games pemilik proyek infrastruktr MRT Jakarta menambah jumlah pekerja hingga dua kali lipat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com