Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Dilantik, Ini Program Prioritas Ridwan Kamil di Jabar

Kompas.com - 11/07/2018, 16:04 WIB
Dendi Ramdhani,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Kandidat Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mulai merancang program yang akan dilakukan setelah ia dilantik sebagai gubernur definitif. Salah satu prioritasnya yakni merealisasikan Perpres Bandung Raya untuk mengurai masalah lintas wilayah di Jabar.

"Saya akan memulai mendorong namanya pemerintahan Bandung Raya dulu. Perpres itulah yang menjadi sumber mengurai benang kusut seperti banjir lintas wilayah, urusan transportasi, urusan Kawasan Bandung Utara (KBU)," ucap Ridwan Kamil, Rabu (11/7/2018).

Wacana pembentukan lembaga khusus untuk mengatasi masalah lintas wilayah di Bandung Raya sudah lama didengungkan. Namun, hingga kini rencana itu belum terealisasi.

Baca juga: Soal Polemik Zonasi PPDB, Ini Kata Ridwan Kamil

"Sekarang ke dinas masing-masing masih pingpong. Tapi nanti, sesuai perpresnya ada pemimpin dibawah gubernur diatas wali kota yang mengkoordinasikan termasuk anggarannya. Anggaran mengurusi banjir tidak hanya seperti sekarang, tapi terintegrasi," tuturnya.

Selain itu, salah satu rencana yang ingin ia realisasikan adalah menghadirkan moda transportasi massal nan moderen untuk wilayah Bandung Raya, khususnya untuk warga Kota Bandung.

"Kepada warga Bandung kalau sudah ditetapkan menjadi gubernur maka pertolongan ke Kota Bandung itu kecepatannya dua kali lebih cepat. Jadi itu menjawab urusan LRT, urusan yang tersangkut sangkut sagala rupa," jelasnya. 

Baca juga: Bentuk Tim Transisi, Ridwan Kamil Lirik Program Pasangan Asyik

Kompas TV Ridwan Kamil mengajak calon gubernur yang diusung Gerindra, PKS, dan PAN itu bersama-sama membangun Provinsi Jawa Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com