Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HUT Ke-72 Bhayangkara, Polres Palopo Luncurkan Aplikasi Kring Mobile

Kompas.com - 11/07/2018, 14:28 WIB
Amran Amir,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PALOPO, KOMPAS.com – Kepolisian Polres Kota Palopo, Sulawesi Selatan, meluncurkan aplikasi Kring Mobile Polrs Palopo (KMPP) yang berbasis Android sebagai alat pengaduan, layanan publik, call center, info polisi, tombol darurat dan berbagai menu lainnya.

Aplikasi tersebut diluncurkan dan disaksikan masyarakat dalam perayaan HUT Bhayangkara ke-72 di lapangan Pancasila.

Kapolres kota Palopo AKBP Taswin mengatakan, aplikasi Kring Mobile memungkinkan warga untuk dapat melaporkan kejadian atau peristiwa yang terjadi di lapangan.

“Aplikasi ini memungkinkan warga melaporkan secara cepat karena bersifat tanggap, cepat dan warga dapat berkomunikasi langsung pada kepolisian polres Palopo dan jajarannya hingga ke tingkat kelurahan, karena sudah disiapkan menu seperti info polisi,” kata AKBP Taswin, Rabu (11/07/2018).

Baca juga: Lihat Warga Ajukan SKTM Pakai Motor 250 Cc, Priyanto Lapor Polisi

Kata dia bahwa aplikasi yang disosialisasikan dihadapan masyarakat dan pemerintah Kota Palopo bahwa aplikasi tersebut sudah dapat diunduh di ponsel cerdas berbasis Android dan IOS.

"Tujuan kami tak lain untuk lebih dekat dengan masyarakat dan mengharapkan masyarakat lebih mudah menghubungi polisi, terutama dalam hal kejadian di lapangan dan pengaduan masyarakat, itu sesuai dengan visi misi kepolisian yang profesional dan modern " ujarnya.

Aplikasi ini sudah diujicoba dan dijalankan selama setahun dan hasilnya cukup bagus. Dengan aplikasi ini Polres Palopo bisa cepat menindaklanjuti laporan warga, misal mengamankan balapan liar serta ganguan keamanan lain di sembilan kecamatan di Palopo. 

Penjabat Wali Kota Palopo Andi Arwien Aziz mengatakan, seluruh jajaran kepolisian yang terkoneksi dengan aplikasi ini sudah selalu siap siaga untuk melakukan penanganan.

“Jadi dengan aplikasi itu, masyarakat bisa terbantu untuk melakukan pengaduan atau meminta pertolongan dari pihak kepolisian, semoga kedepan kota Palopo semakin aman terkendali dengan hadirnya aplikasi Kring Mobile,” paparnya.

Baca juga: Keluarga Yakin Rizky Belum Meninggal karena King Kobra, Tubuhnya Diletakkan di Halaman Rumah

Kompas TV Tidak hanya proses izin yang dilakukan secara online, peran digital juga sudah merambah ke sektor pertanian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com