Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditembaki Orang Tak Dikenal, Pelayanan Publik Lapas Pekanbaru Ditutup

Kompas.com - 09/07/2018, 11:53 WIB
Idon Tanjung,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Pascakejadian penembakan yang dilakukan orang tak dikenal, gerai pelayanan publik Lapas Pekanbaru, Riau, ditutup sementara.

Hal itu dilakukan agar tidak mengganggu pihak kepolisian dalam melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan penyelidikan kasus tersebut.

"Hari ini ruang pelayanan publik tidak difungsikan dulu sampai selesai olah TKP polisi," ungkap Kepala Lapas Pekanbaru Yulius Sahruza pada Kompas.com, Senin (9/7/2018).

Meski demikian, pelayanan terhadap tamu maupun pembesuk tahanan tetap dilakukan seperti biasanya.

"Pelayan kunjungan tetap seperti biasa. Tapi dilakukan secara manual. Sebelumnya kan daftar di ruang pelayanan dulu, pemeriksaan dan sebagainya," kata Yulius.

Baca juga: Kalapas Pekanbaru: Penembakan Diduga Teror Pelaku Narkoba

Terkait masalah ini, dia berharap kepada para keluarga warga binaan Lapas yang datang membesuk agar memahami kondisi tersebut.

"Kami juga meminta, kalau bisa tidak terlalu lama berkunjungnya. Setelah bertemu, enggak lama, titipkan bingkisan, ngobrol sebentar lalu pulang. Karena masih banyak pekerjaan yang mesti kami hadapi. Tapi kalau kondisi sudah normal kembali, aturan kunjungan kami lakukan seperti semula," kata Yulius berharap.

Dia juga berharap pelaku penembakan tersebut agar dapat segera ditangkap oleh pihak kepolisian.

"Ya, supaya kita ketahui apa motif pelaku melakukan penembakan ini. Selama ini Lapas tidak ada masalah," jelas Yulius.

Baca juga: Lapas Pekanbaru Ditembak Orang Tak Dikenal

Sebagaimana diketahui, Lapas Kelas IIA Pekanbaru di Jalan Kapling Kecamatan Bukit Raya, Pekanbaru, Riau ditembaki orang tidak dikenal, Minggu (8/7/2018) sekitar pukul 03.30 WIB.

Penembakan beruntun tersebut sebanyak lima kali yang mengenai dinding, jendela, kaca dan plafon.

Dari hasil olah TKP, petugas kepolisian menemukan 2 selongsong peluru dan 1 pecahan timah panas. Barang bukti diamankan polisi guna penyelidikan lebih lanjut.

Untuk diketahui juga, penembakan Lapas Pekanbaru diduga ada keterkaitan dengan pelaku narkotika. Namun, kasus ini belum terungkap.

Kompas TV LP kelas IIA Pekanbaru, Riau ditembak orang tidak dikenal. Polisi menemukan selongsong dan proyektil peluru di lokasi kejadian.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com