Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jasa Raharja Beri Santunan ke 18 Ahli Waris Korban KM Lestari Maju

Kompas.com - 05/07/2018, 23:15 WIB
Abdul Haq ,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SELAYAR, KOMPAS.com - PT Jasa Raharja (Persero), BUMN di bidang asuransi sosial, memberikan santunan kepada 18 keluarga korban KM Lestari Maju yang dikandaskan di perairan Selayar, Sulawesi Selatan. 

Seperti diketahui, KM Lestari Maju merupakan kapal feri penyeberangan yang berangkat dari Pelaburan Bira di Bulukumba menuju Pelabuhan Pamatata di Kepulauan Selayar pada Selasa (3/7/2018). 

Namun di tengah perjalanan mesin mati karena ada air yang masuk ke dek lantai bawah kapal. KM Lestari Maju kemudian merapat ke Pantai Pabbadilan Desa Bungayya di Kecamatan Bontomatene, Kabupaten Selayar.

Pemberian santunan diserahkan oleh Jasa Raharja cabang Sulawesi Selatan. Baru 18 keluarga yang mendapatkan santunan lantaran terkendala administrasi. 

Baca juga: Basarnas: Aditya, Bayi 1 Tahun Korban KM Lestari Maju, Masih Dicari

Pemberian santunan ke 18 keluarga korban dilakukan di rumah dinas Bupati Selayar pada pukul 10.00 Wita, Kamis (5/7/2018). 

Sebanyak 13 keluarga korban berdomisili di Kabupaten Selayar, sementara 4 korban asal Kabupaten Bone dan 1 korban asal Surabaya, Jawa Timur. 

"Hari ini kami memberikan santunan senilai Rp 50 juta per orangkepada 18 ahli waris korban sebab hanya itu yang sampai saat ini berhasil kami rampungkan datanya," kata Kepala Jasa Raharja cabang Sulawesi Selatan Jahja Joel Lami, Kamis.

Jahja juga menuturkan bahwa seluruh biaya pengobatan medis untuk 155 penumpang yang selamat juga dalam tanggungan Jasa Raharja meski tanggungan tersebut maksimal Rp 20 juta per korban. 

Baca juga: Uang Rp 30 Miliar dari KM Lestari Maju Sudah Diserahkan ke Bank Sulselbar

Hingga saat ini tim SAR gabungan masih melakukan pencarian terhadap satu korban yang dinyatakan hilang.

Dari data terakhir penumpang yang dirilis Pemerintah Kabupaten dan Polres Selayar berjumlah 190 orang.

Kompas TV Dua penumpang KMP Lestari Maju yang selamat akhirnya tiba di Pelabuhan Bira, Bulukumba, Sulawesi Selatan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com