Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesaksian Warga Dengar Ledakan Beruntun hingga Mundur Saat Diancam Bom di Pasuruan

Kompas.com - 05/07/2018, 15:48 WIB
Caroline Damanik

Editor

PASURUAN, KOMPAS.com — Tiga ledakan keras terjadi di permukiman penduduk di Desa Pogar, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Kamis (5/6/2018) siang.

Polisi menegaskan bahwa ledakan itu bersumber dari bom milik seorang warga dan ada tiga ledakan yang terjadi.

Hartono, salah seorang warga, mengatakan mendengar lima kali suara ledakan keras. Ledakan bersumber dari rumah yang dikontrak oleh sebuah keluarga.

"Tadi saya di warung, terus kok ada suara ledakan. Sekali saya biarkan, eh ternyata terjadi sampai lima kali. Saya langsung lari ke lokasi," katanya.

Di lokasi, banyak warga yang sudah berkerumun. Warga pun panik mendengar ledakan tersebut.

"Tidak tahu itu bom atau tidak. Yang jelas rumah yang dihuni sama orang yang di situ rusak dan anak laki-laki terluka. Tidak tahu itu anaknya siapa. Sama warga sudah dilarikan ke RSUD Bangil," tambahnya.

Hadi, warga lainnya, mengatakan, setelah ledakan terjadi, pria yang mengontrak rumah tersebut panik keluar dari rumah dengan mengenakan tas hitam.

"Melihat warga yang berkerumun, pria itu langsung lari. Saya juga tidak kenal namanya, tapi saya sebatas tahu dia kontrak di sini," kata Hadi.

Hadi menjelaskan, warga pun langsung mengejar pria itu. Saat warga berhasil mengepungnya, pria tersebut menyodorkan tas warna hitam yang dibawanya.

"Berani tangkap, saya lempar. Ini isinya bom siap meledak," kata Hadi menirukan pria tersebut.

Mendengar ancaman itu, warga pun ketakutan dan langsung pontang-panting melarikan diri.

"Kami takut itu bom beneran. Makanya kami mundur dan lari. Jadi kami gagal menangkap pria itu," ungkapnya.

Pria itu sempat dikejar lagi oleh warga. Bahkan, ada seorang warga yang sempat berusaha menembaknya dengan senapan angin.

"Tembakannya tidak meleset dan kena badan pria itu. Tapi dia kayaknya bisa menahan sakit dan tetap berlari meninggalkan lokasi," tuturnya.

Hingga berita ini diturunkan, pria tersebut belum ditemukan. Sementara itu, akibat ledakan tersebut, seorang bocah berusia 6 tahun terluka. Bocah yang diduga anak dari pria yang mengontrak rumah itu sudah dibawa ke rumah sakit.


Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Breaking News - Ledakan Keras Guncang Desa Pogar, Bangil, Pasuruan, Bom?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com