Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uang Rp 30 Miliar dari KM Lestari Maju Sudah Diserahkan ke Bank Sulselbar

Kompas.com - 05/07/2018, 13:06 WIB
Hendra Cipto,
Reni Susanti

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com – Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Polisi Dicky Sondani menegaskan, uang Rp 30 miliar yang berada di atas KM Lestari Maju yang dikandaskan sebelum tenggelam sudah diamankan.

Penegaskan tersebut dikatakan Dicky, Kamis (5/7/2018), menyusul penyataan Kepala Polres Selayar AKBP Syamsu Ridwan yang mengatakan uang Rp 30 miliar masih di atas KM Lestari Maju.

“Uang Rp 30 miliar untuk pembayaran gaji 13 PNS sudah diamankan dari KM Lestari Maju. Sejak Rabu (4/7/2018) diamankan dan sudah diserahkan ke Bank BPD Sulselbar di Kabupaten Selayar,” Kamis.

Sebelumnya, AKBP Syamsu Ridwan menyebutkan, uang Rp 30 miliar yang berada di KM Lestari Maju masih berada dalam bangkai kapal feri yang dikandaskan.

Baca juga: Uang Rp 30 Miliar yang Tenggelam Bersama Kapal Feri Ditemukan Utuh Tanpa Kerusakan

Pihak Polres Selayar belum dapat mengevakuasinya karena saat ini fokus mencari para korban.

Penegasan itu sekaligus menepis viral video penampakan uang di sekitar lokasi kandasnya KM Lestari Maju.

Seperti diketahui, uang Rp 30 miliar tersebut merupakan uang untuk membayar gaji PNS dan tenaga honorer di Kabupaten Selayar.

Sekretaris Direktur Utama Bank Sulselbar Syarif yang dikonfirmasi Rabu (4/7/2018) mengatakan, uang Rp 30 miliar berhasil dievakuasi dari kapal KM Lestari Maju yang dikandaskan sebelum tenggelam.

Uang tersebut berhasil dievakuasi dari air dalam keadaan utuh tanpa ada kerusakan.

“Tadi malam, Selasa (3/7/2018) sekitar pukul 23.00 Wita, uang Rp 30 miliar utuh sudah dievakuasi. Uang itu dalam kondisi aman dan tidak rusak karena masih terbungkus plastik dan karung serta berada di dalam mobil,” ungkapnya.

Syarif mengungkapkan, uang Rp 30 miliar sudah digunakan di Kabupaten Selayar untuk pembayaran gaji ke-13 PNS.

“Tadi pagi sudah digunakan dan disalurkan untuk gaji ke-13 PNS. Jadi tidak ada masalah. Uang Rp 30 miliar dan mobil yang mengangkut uang tersebut sudah dievakuasi dan tidak ada masalah lagi,” tambahnya.

Kompas TV Simak dialognya dalam Sapa Indonesia Pagi berikut ini
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com