Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Jazz Dikejar dan Distop Polisi lalu Diikuti Suara Letusan, Ini Kronologinya

Kompas.com - 03/07/2018, 18:37 WIB
Wijaya Kusuma,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Mobil Honda Jazz berwarna silver tiba-tiba distop polisi di Jalan Kebon Agung, Margomulyo, Seyegan, Sleman, Yogyakarta, atau tepatnya di depan SMP Negeri 1 Seyegan, Selasa (3/7/2018). Penghadangan itu diikuti suara letusan sebanyak 5 kali.

Kapolres Sleman, AKBP Muhammad Firman Lukmanul Hakim mengatakan, mobil berpelat AB 1979 U itu ternyata sudah dikejar sejak dari Mapolda DI Yogyakarta.

"Mobil sudah dikejar dari Mapolda DIY," ujar Firman, Selasa.

Baca juga: Honda Jazz Tiba-tiba Distop Polisi, Warga Dengar Suara Letusan Sebanyak 5 Kali

Firman menuturkan, awalnya mobil hendak masuk ke Mapolda DIY. Petugas yang berjaga lantas hendak memeriksa kendaraan tersebut, namun pengemudi menolak.

"Yang mencurigakan adalah saat mau diperiksa, pengemudi tidak mau. Diminta membuka kaca mobil juga tidak mau," tuturnya.

Baca juga: Pengemudi Jazz yang Dihentikan Polisi di Yogyakarta Alami Gangguan Kejiwaan

Setelah menolak diperiksa, lanjut Firman, si pengemudi justru memutar balik dan melarikan diri. Oleh karena itu, polisi mengejarnya.

"Malah putar balik dan melarikan diri, kan mencurigakan. Kenapa tidak mau diperiksa malah melarikan diri," tuturnya.

Setelah dikejar, mobil Honda Jazz itu pun akhirnya dihentikan polisi tepat di depan SMP Negeri 1 Seyegan. Warga sekitar juga sempat mendengarkan suara letusan sebanyak lima hingga enam kali.

"Saya belum bisa menyimpulkan apapun, ini hanya kronologis singkatnya. Nanti akan ada tim untuk mencari tahu," pungkasnya.

Baca juga: Kapal Feri yang Tenggelam di Selayar Bawa Uang Tunai Rp 30 Miliar

Firman menegaskan bahwa anggotanya sudah melakukan prosedur yang benar dengan memeriksa setiap kendaraan yang hendak masuk ke Mapolda DIY.

"Anggota kami di Polda sudah melakukan prosedur yang benar. Anggota memeriksa dengan cara yang sopan dan humanis," kata Firman.

Baca juga: Hilang 1,5 Tahun di Laut Sukabumi, Nining Ditemukan Selamat di Tepi Pantai

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com