Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Pilkada Sulsel Ada TPS di Palopo 100 Persen Pilih 1 Paslon, Ini Sebabnya

Kompas.com - 30/06/2018, 10:40 WIB
Amran Amir,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PALOPO, KOMPAS.com - Memasuki rekapitulasi pengitungan suara tingkat kecamatan, pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, satu TPS di kota Palopo, memilih 100 persen pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Ichsan Yasin Limpo – Andi Mudzakkar (IYL-Cakka).

TPS tersebut berada di TPS 4 Kelurahan Peta, Kecamatan Sendana. Di kelurahan tersebut terdapat jumlah Daftar Pemilih Tetap ( DPT) sebanyak 100 orang pemilih, namun yang hadir saat pencoblosan Rabu (27/06/2018) lalu hanya 67 orang pemilih dan semua memilih Pasangan nomor urut 4.

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) kecamatan Sendana, Asrul, mengatakan bahwa pada penghitungan rekapitulasi suara di kelurahan Peta, terdapat satu TPS yang memilih 100 persen salah satu Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan.

Baca juga: Dari Rekap C1 di Pilkada Palopo, Pasangan Judas?Rahmat Klaim Unggul

“Di TPS 4 memang warga memilih 100 persen Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur sulawesi Selatan nomor urut 4, dan sudah sesuai dengan rekapitulasi Formulir C1, kami juga mencocokan data Panwaslu kecamatan dan memang seperti itu,” katanya, Jumat (29/6/2018).

Kata dia, meski dalam DPT terdapat 100 orang wajib pilih dan yang datang mencoblos hanya 67 orang itu dikarenakan kondisi cuaca.

“Pada waktu itu kemungkinan warga tidak sempat menyalurkan hak suaranya karena faktor hujan yang turun sejak Rabu dini hari, hingga siang hari,” tuturnya.

Terhibur

Kendati hanya dinyatakan kalah di hitung cepat, pasangan Ichsan Yasin Limpo - Andi Mudzakkar, yang maju lewat jalur perseorangan, bisa sedikit terhibur, atas capaian luar biasa itu.

Baca juga: Dari 512 Paslon Peserta Pilkada, 78 Diantaranya dari Jalur Independen

Andi Mudzakkar, saat dikonfirmasi mengucapkan terimakasihnya kepada masyarakat. "Terima kasih atas kepercayaannya mencoblos kami berdua. Kami kalah tapi tetap semangat," kata Andi Mudzakkar, yang masih menjabat sebagai Bupati Luwu, Jumat (29/06/2018).

Lanjut Andi Mudzakkar, mengatakan bahwa kekalahan dalam dunia politik adalah hal yang lumrah.

“Silaturahmi akan tetap berjalan seperti biasanya, karena itu adalah yang utama, saya ucapkan terima kasih atas kerja keras seluruh tim, relawan, pendukung dan keluarga, kami sudah berusaha maksimal tapi hasil berkehendak lain," tambahnya.

Meski mengaku kalah unggul dari pasangan lainnyamelalui perhitungan cepat, Andi Mudzakkar mengaku tetap menunggu hasil resmi yang dirilis KPU.

Kompas TV ita berbincang dengan calon Gubernur Sulawesi Selatan nomor urut dua Agus Arifin Nu'mang.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com