Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bawaslu Rekomendasi 3 TPS di Sulsel Lakukan Pemungutan Suara Ulang

Kompas.com - 30/06/2018, 07:16 WIB
Hendra Cipto,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) merekomendasi pemungutan suara ulang (PSU) di 3 TPS di 2 Kabupaten di Sulawesi Selatan. Dua Kabupaten tersebut yakni Kabupaten Barru dan Pinrang.

PSU tersebut diungkapkan Komisioner KPU Sulsel, Uslimin ketika ditemui wartawan, Jumat (30/6/2018) malam. Menurut dia, rekomendasi PSU berdasarkan pelanggaran yang ditemukan Bawaslu.

“Ada 3 TPS yang direkomendasi untuk PSU, yakni 1 di Kabupaten Barru dan 2 di Kabupaten Pinrang. Di Kabupaten Barru, karena ada 2 pemilih yang memilih 2 kali dan 1 mewakili ibunya yang lagi sakit. Kalau yang di Kabupaten Pinrang, saya belum tahu apa musababnya jelas ada rekomendasinya,” kata Uslimin.

Baca juga: Nurdin Abdullah-Andi Menang Pilkada Sulsel Versi Quick Count LSI

Terkait masalah dugaan pelanggaran Pilkada di Kabupaten Luwu, lanjut Uslimin, telah selesai tanpa adanya rekomendasi PSU dari Bawaslu. Dimana awalnya ada dugaan pelanggaran Pilkada melebih jumlah TPS.

“Kalau yang di Kabupaten Luwu sudah selesai, tanpa ada rekomendasi PSU. Kalau di Luwu kasus seharusnya jumlah TPS di sebuah daerah hanya 5, tapi laporan yang masuk jumlahnya malah 9 TPS. Setelah ditelusuri, ternyata petugas di sana melakukan dua kali pelaporan saat komputer KPU sedang down. Jadi laporannya ada 2 masuk,” jelasnya.

Baca juga: Optimistis Menang Pilkada Sulsel, Nurdin Abdullah Jalan Kaki ke TPS

Sementara untuk kasus dugaan pelanggaran Pilkada di Makassar, beber Uslimin, pihak Bawaslu dan KPU sedang melakukan penelusuran di lapangan. Namun jika ditemukan adanya pelanggaran berat dalam Pilkada Makassar, pihaknya tidak segan-segan akan mempidanakan pelakunya.

“Pelanggaran Pilkada Makassar sementara ditelusuri. Jika terbukti, kita tidak segan-segan menindak tegas pelakunya dengan mempidanakannya. Saya belum tahu persis pelanggarannya bagaimana, tapi menurut informasi terkait data,” tambahnya.

Baca juga: INFOGRAFIK Quick Count SMRC Pilkada Sulsel Data 100 Persen: Nurdin-Andi Unggul

Kompas TV Selain itu, panitia yang bekerja di TPS ini juga mengenakan seragam adat.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com