Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ambon Diterjang Banjir, Ratusan Rumah Warga Terendam

Kompas.com - 29/06/2018, 17:53 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Farid Assifa

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - Hujan deras yang mengguyur Kota Ambon sejak Jumat (29/9/2019) dini hari menyebabkan sejumlah kawasan di Kota Ambon ikut terendam banjir.

Beberapa kawasan yang paling parah terendam banjir seperti kawasan Batu Merah Dalam, kawasan Ahuru, kecamatan Sirimau dan kawasan Passo serta kawasan Waiheru, Kecamatan Baguala.

Banjir yang terjadi itu menyebabkan ratusan rumah warga di empat wilayah tersebut ikut terendam banjir. Bahkan di kawasan Ahuru, sejumlah rumah warga mengalami kerusakan akibat musibah tersebut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kota Ambon, Demmy Paays kepada Kompas.com mengatakan, ratusan rumah warga yang terendam banjir itu umumnya berada di daerah rawan bencana.

“Ada sekitar 60 rumah warga di Ahuru yang terendam banjir, beberapa di antaranya rusak dan sekitar 40 rumah yang terendam di Batu Merah. Selanjutnya ada puluhan rumah lagi di Waiheru yang merupakan daerah langganan banjir,” ungkapnya, Jumat (29/6/2018).

Baca juga: Pilgub Riau, Warga Arungi Banjir Untuk Mencoblos di TPS

Dia menjelaskan, saat ini pihaknya bersama BPBD Provinsi Maluku telah mengambil langkah penanganan dengan memberikan bantuan darurat kepada warga yang terdampak banjir. Bantuan yang diberikan itu berupa selimut, terpal dan obat-obatan.

“Kita langsung tinjau dan memberikan bantuan darurat, tadi dari BPBD Provinsi juga memberikan bantuan kepada warga yang terkena dampak banjir,” katanya.

Sementara itu, berdasarkan pantauan di lapangan, banjir yang terjadi di Kota Ambon tidak hanya menggenangi rumah-rumah warga, tetapi juga sejumlah jalan utama yang ada di Kota Ambon seperti di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, kawasan Passo, Hatiwe Besar, dan jalan raya di kawasan Waiheru.

Ketinggian banjir bahkan mencapai betis kaki orang dewasa. Akibatnya, banyak kendaraan seperti sepeda motor yang tidak dapat melewati jalan-jalan yang terendam banjir.

Saat ini banjir yang menggenangi rumah-rumah warga sudah surut kembali.

Baca juga: Meski Desa Dilanda Banjir Bandang, Warga dan Relawan Tetap Semangat Mencoblos

Untuk membantu warga, puluhan aparat gabungan Brimob Polda Maluku dan Sabhara ikut diterjunkan ke lokasi bencana untuk membantu warga yang rumah-rumahnya terendam banjir. Termasuk membantu warga yang melintas di jalan yang terendam banjir.

Kompas TV Banjir kembali merendam permukiman warga di kawasan Kebon Pala, Jatinegara, Jakarta Timur.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com