Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bawaslu Temukan Anak di Bawah Umur Ikut Mencoblos di Pilkada NTT

Kompas.com - 29/06/2018, 12:48 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
Farid Assifa

Tim Redaksi

KUPANG, KOMPAS.com - Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Bawaslu Nusa Tenggara Timur (NTT), Jemris Fointuna mengatakan, di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), pihaknya menemukan anak di bawah umur ikut mencoblos dalam Pemilihan Pilkada NTT, Rabu (27/6/2018).

"Kita dapat laporan dari Panwas Kabupaten TTU bahwa ada pelanggaran pemilu di TPS 03, Desa Nunmafo, Kecamatan Insana. Ada pemilih berinisial AN yang ikut mencoblos dalam Pilgub kemarin," ungkap Jemris kepada Kompas.com, Jumat (29/6/2018) pagi.

Menurut Jemris, temuan itu karena pihak KPPS melakukan kesalahan saat mendistribusikan format C6 kepada para pemilih di desa tersebut.

Petugas KPPS, lanjut Jemris, malah memberikan C6 kepada anak di bawah umur, karena nama anak tersebut sama persis dengan warga yang semestinya menggunakan hak suaranya.

"Temuan itu masih dibahas di Sentra Gakumdu, apakah unsur pidananya terpenuhi atau tidak," ucapnya.

Baca juga: Real Count KPU Pilkada NTT, Viktor Laiskodat-Josef Nae Soi Unggul Sementara

Sementara itu, hasil Pemilihan Gubernur NTT hingga Kamis (28/6/2018) pagi pada pukul 9.00 Wita, pasangan Viktor Bungtilu Laiskodat-Josef Adreanus Nae Soi masih mengungguli tiga pasangan calon lainnya.

Berdasarkan data dari KPU NTT, jumlah suara yang masuk baru mencapai 43,05 persen atau baru 4.164 dari 9.672 tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di NTT.

Dari hasil itu, pasangan nomor Viktor dan Josef yang diusung Partai Nasdem, Golkar, Hanura dan PPP, unggul dengan perolehan 34,64 persen suara.

Disusul pasangan nomor urut 2 Marianus Sae-Emelia Julia Nomleni yang diusung PDI-P dan PKB dengan perolehan suara 24,70 persen.

Baca juga: Unggul Quick Count Pilkada NTT, Viktor Laiskodat Minta Pendukung Tak Euforia Berlebih

Selanjutnya pasangan nomor urut 1 Esthon Leyloh Foenay-Christian Rotok, yang diusung Gerindra dan PAN, meraih suara 21,12 persen.

Kemudian yang terakhir pasangan nomor urut 3 Benediktus Kabur Harman-Benny Alexander Litelnoni, yang diusung Demokrat, PKS dan PKPI, mendapat suara 19,55 persen.

Kompas TV 2 TPS ini dibuat unik untuk menarik perhatian warga dan memberikan kesan nyaman.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com