Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Server KPU Pusat "Down", Pengumuman Real Count Pilkada Garut Tertunda

Kompas.com - 28/06/2018, 22:59 WIB
Ari Maulana Karang,
Reni Susanti

Tim Redaksi

GARUT, KOMPAS.com - KPU Garut membatalkan pengumuman penghitungan real count Pilkada Garut karena server penghitungan suara di KPU pusat down.

Padahal tadinya, pengumuman direncanakan Kamis (28/6/2018). Namun down-nya server KPU pusat membuat input data yang dilakukan KPU Garut tertunda. 

"Pada pukul 20.00, data yang sudah dientry dan masuk ke KPU pusat 80,5 persen," ujar Ketua KPU Garut Hilwan Fanaqi, Kamis (28/6/2017) pukul 22.00 WIB.

"Hanya ada kejadian di luar kekuasaan dan kemampuan, server KPU RI yang digunakan untuk proses hitung down, tidak bisa digunakan sampai batas waktu yang tidak ditentukan," tambahnya.

Baca juga: Dikiranya Kopi, Petugas TPS Minum Tinta Pemilu

KPU Garut, sambung Hilwan, merencanakan pengumuman hasil real count pada pukul 22.00 WIB dihadiri Kapolres Garut dan Dandim 0611 Garut. Namun, pengumuman terpaksa dibatalkan.

"Kami mohon maaf karena sampai saat ini belum bisa menyelesaikan entry data real count," jelas Hilwan.

Hilwan menyampaikan, dari konfirmasi yang didapat dari KPU pusat, macetnya input data di server KPU pusat terjadi karena tingginya traffic yang mengakses website KPU.

Hal ini terjadi karena banyak daerah juga melakukan input data hasil pemilihan.

Hilwan mengaku akan menginput data dan langsung mengumumkan hasil real count begitu server KPU bisa menerima input data dan proses penghitungan hasil Pilkada Garut selesai.

"Jam berapapun selesai entry, kita akan langsung sampaikan," tegasnya.

Baca juga: Imbas OTT KPK, Ganjar-Taj Yasin Tumbang di Purbalingga

Hilwan menceritakan, down-nya server KPU diketahui sekitar pukul 20.00 malam saat proses input data sudah mencapai 80,5 persen.

Saat itu, operator sudah melakukan input data sebanyak 3.082 TPS.

"Ada sisa 917 TPS yang belum diinput datanya, saat itu saya tanya operator mereka siap menyelesaikan dalam satu jam, ternyata server-nya down," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com