Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudrajat-Syaikhu Yakin Menang Pilkada Versi KPU, Ini Komentar Ridwan Kamil

Kompas.com - 28/06/2018, 14:29 WIB
Dendi Ramdhani,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Pasangan nomor urut 3 Pilkada Jabar, Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Asyik) yakin menang di Pilkada Jabar meski hasil hitung cepat dari beberapa lembaga survei memperlihatkan pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum unggul.

Menanggapi hal itu, Ridwan Kamil mengaku tetap menghormati sikap pasangan Asyik yang yakin meraih perolehan suara terbanyak di Pilkada Jabar.

"Saya paham, bahwa resminya kan nanti. Jadi kepada Asyik yang belum, saya hormati juga," ujar Emil, sapaan akrabnya, saat ditemui usai berkunjung ke kediaman Solihin GP, di Jalan Cisitu, Bandung, Kamis (28/6/2018).

Emil pun sempat mendapat pesan berantai soal hasil penghitungan suara internal Asyik. Ia pun meminta timnya mengkaji hasil tersebut.

"Tolong media cek, setelah tim saya menjumlah ternyata (hasil hitungan Asyik) 104 persen. Coba cek, tadi tim saya menjumlah angkanya, ternyata angkanya lebih dari 100 persen. Dari situ saja saya sudah bisa pahami. Tapi kita tunggu saja sampai di pengumuman resmi KPU. Karena dari 4 sampai 5 konsultan survei kan semua sama," ujarnya.

Baca juga: Gerindra Yakin Sudrajat-Syaikhu Pemenang Pilkada Jabar Versi KPU

Emil mengakui, perolehan suara Asyik memang di luar dugaan. Sebab, hasil survei terakhir pasangan Asyik relatif di bawah pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi.

"Karena pembacaan hasil survei di detik terakhir jauh sekali, meningkatnya sampai dua tiga kali lipat," katanya.

Emil tak ingin berkomentar lebih jauh soal pemicu kenaikan suara Asyik.

"Masing-masing punya cara dan metode sendiri, mudah-mudahan cara dan metodenya yang baik. Karena bagi pasangan kita sudah komitmen mau naik mau turun cara kita adalah cara yang baik, bermaslahat, tidak berbasis isu, tapi berbasis gagasan," tuturnya.

Baca juga: Apa yang Membuat Suara Sudrajat-Syaikhu dan Sudirman Said-Ida Melonjak?

"Jadi saya tidak tahu metode apa yang digunakan pasangan nomor 3 yang luar biasa," jelasnya.

Kompas TV Berikut keterangan pers dari pasangan Sudrajat – Ahmad Syaikhu di posko pemenangan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com