Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilkada Lumajang 2018, Pasangan Thoriq-Indah Klaim Menang

Kompas.com - 28/06/2018, 10:58 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

LUMAJANG, KOMPAS.com - Pasangan calon bupati dan wakil bupati Lumajang, Jawa Timur (Jatim), nomor urut 1 Thoriqul Haq-Indah Amperawati Masdar mengklaim memenangkan pelaksanaan pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) yang digelar serentak, Rabu (28/6/2018) kemarin.

Pasangan ini diusung oleh dua partai koalisi, yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Gerindra. Klaim kemenangan tersebut didasarkan atas hasil perhitungan tim internal, bukan berdasarkan quick count atau hitung cepat lembaga survei.

Koordinator Tim Media Pasangan Thoriq-Indah, M Khoirul Anam menjelaskan, berdasarkan hasil penghitungan di tim internal, pihaknya memperoleh suara sebanyak 242.330 suara atau 42,52 persen.

Baca juga: Tiga Patung di Pura Mandara Giri di Lumajang Dirusak dengan Kapak

“Hingga Kamis (28/6/2018) dini hari tadi, suara yang masuk sudah mencapai 99,99 persen, jadi perolehan suara TPS yang belum masuk hanya tinggal 9 TPS saja,” katanya kepada Kompas.com, Kamis.

Untuk pasangan nomor urut 2 As’at Malik-Thoriq Al Katiri mendapatkan suara 197.726 atau 34,69 persen. Pasangan ini diusung oleh PDI-P dan PAN.

Sementara pasangan nomor urut 3 Rofik-Nurul Huda mendapatkan suara 129.866 atau 22,79 persen.Pasangan ini diusung oleh PPP, PKS, Demokrat, Nasdem.

"Kalau melihat selisihnya, kami menang sekitar 8 persen. Alhamdulillah ini tentu berkat kerja keras seluruh tim dan relawan,” katanya.

Sementara calon Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati Masdar mengatakan, kemenangan yang diraihnya tersebut merupakan kemenangan Rakyat Lumajang secara keseluruhan.

“Melawan incumbent (petahana) itu tidak mudah, cukup melelahkan, tetapi saya bersyukur Rakyat Lumajang cukup pandai memilih,” ungkap Indah.

Indah meminta kepada masyarakat, pascapelaksanaan Pilkada, tidak ada lagi dendam, tidak ada perpecahan, dan harus bersatu untuk membangun Lumajang.

“Ayo bersatu kembali untuk membangun Lumajang, tidak ada dendam, tidak ada lagi perpecahan,” pintanya.

Indah juga berjanji, setelah dilantik bersama Thoriqul Haq, akan tetap turun dan blusukan kepada masyarakat. “Kami sudah berkomitmen, kami akan tetap datang dan menyapa masyarakat Lumajang,” tutupnya.

Kompas TV Litbang Kompas kembali mengeluarkan hasil survei elektabilitas Calon Gubernur Jawa Timur.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com