Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudirman Said: Relawan Kami Kerja Luar Biasa

Kompas.com - 28/06/2018, 08:56 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin,
Sabrina Asril

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Calon Gubernur Jawa Tengah nomor urut 2 Sudirman Said memuji kerja keras para relawan dan partai koalisinya di Pilkada Jawa Tengah.

Terlepas dari hasil quick count sejumlah lembaga survei, Sudirman menyatakan kerja mereka luar biasa.

"Ini bagi kami pilkada rawan, partai kerja keras. Terus terang dalam keadaan kami cukup tidak punya uang ini relawan perannya luar biasa," kata pria yang disapa Pak Dirman ini, Rabu (27/6/2018) malam di Semarang.

"Mereka mencetak spanduk, stiker sendiri. Kalau dikatakan skor berapapun oleh quick count maka itu kerja keras hasil perpaduan struktur partai dan relawan yang luar biasa. Jadi, kami terima kasih keduanya," tambahnya.

Baca juga: Litbang Kompas: Kekuatan Pasangan Sudrajat-Syaikhu dan Sudirman-Ida Mengejutkan

Lebih lanjut, kata dia, modal suara yang dicapai di Pilkada Jateng akan memberi pelajaran dirinya untuk ke depan.

"Insyallah ini jadi pembelajaran penting bagi proses demokrasi ke depan," ujarnya lagi.

Dalam survei dari Litbang Kompas, dari data 100 persen yang masuk, suara pasangan Sudirman-Ida meraup suara 41,66 persen, sementara Ganjar-Yasin mendapat 58,34 persen. Quick count diambil dengan 400 sampel TPS dengan metode stratified sistematic sampling yang tersebar di seluruh daerah.

Quick count dari SMRC, pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin mendapat 58,58 persen, sementara Sudirman Said-Ida Fauziyah mendapat 41,42 persen.

Sampel responden diambil dari 300 pemilih yang datang ke 300 TPS di Jawa Tengah dengan metode statified cluster random sampling. (K93-14)

Kompas TV Hasil sementara hitung cepat Litbang Kompas dalam Pilkada Jawa Tengah, Rabu (27/6), menunjukkan pasangan Ganjar Pranowo dan Taj Yasin unggul.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com