Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Quick Count Litbang Kompas Pilkada Jateng: Ganjar-Taj Yasin Unggul

Kompas.com - 27/06/2018, 13:45 WIB
Sherly Puspita,
Egidius Patnistik

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hasil sementara hitung cepat atau quick count Litbang Kompas untuk Pilkada Jawa Tengah yang digelar Rabu (27/6/2018) menunjukkan, pasangan Ganjar Purnomo dan Taj Yasin unggul.

Dari pantauan Kompas.com di Pusat Data Litbang Kompas, data yang masuk sudah 7,25 persen. Pasangan Ganjar Purnomo dan Taj Yasin memperoleh 58,79 persen. Pasangan Sudirman Said dan Ida Fauziyah memperoleh 41,21 persen suara.

(Catatan dari Redaksi. Telah terjadi kesalahan yang telah diperbaiki dalam berita ini. Sebelumnya dalam berita ini dilaporkan: data yang masuk sudah sebesar 67,66 persen. Dari data sebesar itu, pasangan Ganjar Purnomo dan Taj Yasin memperoleh suara 62,33 persen. Pasangan Sudirman Said dan Ida Fauziyah memperoleh 37,67 persen suara'.  Angka 67,66 persen adalah angka tingkat partisipasi bukan jumlah sampel masuk. Redaksi meminta maaf atas kekeliruan tersebut. )

Baca juga: Menang atau Kalah, Ganjar Akan Datangi Sudirman Said

Litbang Kompas mengambil 400 sampel TPS dengan metode pemilih sampel stratified sistematic sampling yang tersebar di seluruh daerah.

Adapun simpangan kesalahan (margin of error) 1 persen. Artinya, hasil survei bisa bertambah atau berkurang sekitar 1 persen. Survei ini memiliki tingkat kepercayaan 99 persen

Angka ini bukan hasil penghitungan resmi. KPU akan melakukan rekapitulasi hasil suara hingga 9 Juli 2018.

Hasil penghitungan resmi akan diumumkan KPU setelah rekapitulasi selesai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com