Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di TPS Ini, Pemilih Mencoblos di Bilik Suara di Dalam Gawang

Kompas.com - 27/06/2018, 13:06 WIB
Achmad Faizal,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Momentum Piala Dunia 2018 dimanfaatkan panitia pemungutan suara di berbagai daerah untuk menarik perhatian pemilih. Di TPS Piala Dunia di Surabaya, pemilih mencoblos atau memberikan hak suaranya di dalam gawang.

Pantauan KOMPAS.com, 2 kotak suara diletakkan dalam sebuah gawang buatan di TPS 15 Kelurahan Jemur Wonosari, Kecamatan Wonocolo, di atas bilik suara, digantung beberapa bola plastik. Tiang gawang dibuat dari bambu, sementara jala gawang dibuat dari tali rafia.

Baca juga: Pilih Siapa di Pilgub Jawa Timur 2018?

Nuansa piala dunia juga nampak di pintu masuk TPS. Ada gapura buatan yang dipenuhi gambar bendera negara peserta piala dunia Rusia 2018, hingga para pemain bola dari masing-masing negara. Semua petugas TPS juga mengenakan atribut piala dunia. Dari kostum hingga topi yang dikenakan.

Yitno Ramli, Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS 15 mengatakan, dibuatnya TPS Piala Dunia tidak lain untuk menarik pemilih agar datang mencoblos untuk Pilkada Jatim.

"Kami target 90 persen pemilih akan datang untuk mencoblos sampai pukul 1 siang nanti," kata Ketua KPPS yang juga Ketua RT 06 RW 04, Kelurahan Jemur Wonosari, Kecamatan Wonocolo Surabaya ini.

Baca juga: Survei Kompas: Khofifah-Emil Dardak 48,6 Persen, Saifullah-Puti Guntur 45,6 persen

Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS Piala Dunia itu tercatat sebanyak 477 orang. "Alhamdulillah hingga pukul 10.30 tadi sudah sekitar 60 persen yang datang," ujarnya.

Mendesain TPS dengan nuansa piala dunia kata Yitno memerlukan biaya khusus, namun dia bersyukur, biaya tambahan itu didapat dari swadaya warganya yang ingin TPS Piala Dunia ramai dikunjungi pemilih. (K15-11)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com