Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hutan di Lereng Terbakar, Jalur Pendakian Gunung Lawu Ditutup

Kompas.com - 20/06/2018, 14:08 WIB
Muhlis Al Alawi,
Sandro Gatra

Tim Redaksi

KARANGANYAR, KOMPAS.com - Pendakian ke Gunung Lawu ditutup sementara setelah kebakaran yang melanda lereng gunung tersebut sejak Selasa (19/6/2018) sore.

Belum diketahui pasti penyebab terbakarnya lereng hutan di wilayah Argo Tiling Petak 63 RPH Nglerak Gunung Lawu, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

"Penyebab belum diketahui pasti. Saat kami bersama BPBD dan Polsek masih menuju lokasi kebakaran," ujar BKPH Lawu Utara, Edy Saryono yang dihubungi Kompas.com, Rabu (20/6/2018).

Edy mengatakan, kebakaran yang melanda lereng Gunung Lawu lokasinya jauh dari jalur pendakian. Diperkirakan radius dari jalur pendakian sekitar lima kilometer.

Kendati demikian, untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, jalur pendakian Gunung Lawu sementara ditutup sampai batas waktu tidak ditentukan.

"Untuk sementara jalur pendakian kami tutup," kata Edy.

Edy memastikan belum ada laporan korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut.

Soal luas hutan yang terbakar, Edy mengatakan, tim belum bisa menghitungnya. Pasalnya, lokasi kebakaran berada di jurang yang sulit dijangkau orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com