Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran Landa 10 Hektar Padang Rumput di Pulau Komodo

Kompas.com - 19/06/2018, 19:16 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Kebakaran terjadi di padang rumput, Pulau Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTT Marius Ardu Jelamu mengatakan, kebakaran tersebut terjadi di salah satu titik di Loh Pede dan Loh Namu, Senin (18/6/2018) malam.

"Luas padang rumput di Pulau Komodo yang terbakar tersebut, sekitar 10 hektar," ungkap Marius, kepada Kompas.com, Selasa (19/6/2018) malam.

Baca juga: Kunjungan Wisatawan ke Pulau Komodo Meningkat Pesat

Saat ini lanjut Marius, kebakaran telah berhasil dipadamkan oleh tim dari Taman Nasional Komodo, bersama-sama warga masyarakat Desa Komodo termasuk kepala desa, khususnya dibantu oleh Masyarakat Peduli Api Komodo.

Menurut Marius, penyebab kebakaran tersebut masih dalam penyelidikan, terutama saat-saat ini memang memasuki musim kemarau, ditambah iklim dengan kelembaban yang rendah, serta curah hujan yang sangat rendah.

"Upaya-upaya pencegahan akan terus diintensifkan. Salah satu penyebab bisa juga berupa suksesi alam atau aktivitas manusia," ucap Marius.

Baca juga: Lebih Banyak Wisatawan Mancanegara yang Berkunjung ke Pulau Komodo

Marius menyebut, dampak terhadap satwa komodo tidak signifikan, karena lokasi jauh dari habitat Komodo, serta karena kesigapan petugas bersama masyarakat untuk segera menanggulanginya.

"Kita berharap destinasi pariwisata internasional ini tetap terjaga dan kami mengimbau masyarakat sekitar atau wisatawan, untuk tidak membuang puntung rokok di rerumputan yang kering seperti saat ini. Buanglah di tempat sampah yang disediakan," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com