Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Survei Pilkada Palembang: Elektabilitas Harno-Fitri 47,8 Persen, Sarimuda-Rozak 30,5 Persen

Kompas.com - 19/06/2018, 11:24 WIB
Aji YK Putra,
Krisiandi

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com - Elektabilitas pasangan Harnojoyo-Fitranti Agustinda di Pilkada Palembang mencapai 47,8 persen. Tingkat keterpilihan pasangan nomor urut 1 itu selisih 17, 3 persen dengan pasangan nomor urut 2 Sarimuda-Abdul Rozak (30,5 persen). 

Ini merupakan hasil survel Lembaga survei Indikator Politik Indonesia pada Pilkada Palembang. Pencoblosan Pilkada Palembang bakal berlangsung pada 27 Juni 2018.  

Dari survei tersebut, asangan nomor urut 3, Mularis Djahri-Syaidina Ali meraih 3,1 persen dan pasangan nomor urut 4 M. Akbar Alfaro-Hernoe Roesprijadji sebesar 1,7 persen.

Direktur Riset Indikator Politik Indonesia Moh Adam Kamil mengatakan, survei tersebut berlangsung sejak Kamis (7/6/2018) hingga Rabu (13/6/2018). 

Survei menggunakan metode multistage random sampling, dan dengan asumsi toleransi kesalahan survei (margin of error) sebesar 3,2 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen.

“Dinamika elektoral masih mungkin terjadi karena kelompok pemilih yang masih mengambang atau tidak menyatakan dukungannya di survei ini masih sekitar 17 pesen,” kata Adam, Selasa (19/6/2018).

Baca juga: Pilkada Serentak Pekan Depan, Ini Harapan Perludem kepada KPU

Adam menjelaskan, responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih.

Quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20 persen dari total sampel oleh supervisor dengan kembali mendatangi responden terpilih (spot check).

"Dalam quality control tidak ditemukan kesalahan berarti,” jelasnya.

Data survei juga menunjukkan bahwa pasangan Harnojoyo-Fitrianti Agustinda unggul hampir pada setiap kelompok demografi pemilih, seperti jenis kelamin, usia pendidikan dan sebagainya di seluruh wilayah. 

Terutama wilayah Zona 1 yakni Kecamatan Alang-Alang Lebar, Kecamatan Kemuning dan Kecamatan Sukarame, serta di Zona 6 yakni Kecamatan Ilir Timur I dan Kecamatan Ilir Timur II.

Harnojoyo unggul terutama dikarenakan sebagai calon petahana dibandingkan dengan para pesaingnya. Popularitas Harnojoyo saat ini berada diangka 96 persen, sementara Sarimuda 88 persen .

Selanjutnya popularitas Fitrianti 77 persen, Mularis 58 persen, Abdul Rozak 34 persen, Akbar Alfaro 34 persen , Syaidina Ali 25 persen dan Hernoe Roesprijadji 14 persen .

Baca juga: Jelang Pilkada Jatim, Layanan E-KTP Digelar Nonstop di Surabaya

“Selain faktor popularitas, Harnojoyo juga dianggap lebih positif citra personalnya. Rata-rata, dari empat citra personal para calon walikota yang diukur, yakni perhatian pada rakyat, jujur, bisa dipercaya dan bersih dari korupsi, tegas dan berwibawa dan  mampu memimpin, Harnojoyo mendapat 71%, Sarimuda 64%, Akbar Alfaro 25% dan Mularis 32%” ujar Adam.

Kinerja Harnojoyo sebagai Wali Kota Palembang juga dianggap positif. Sebanyak 11 persen pemilih yang menyatakan sangat puas dengan kinerja Harnojoyo sebagai  Wali Kota Palembang, 74 persen cukup puas, dan sekitar 12 persen yang menyatakan kurang puas dan atau tidak puas sama sekali.

"Tingkat kedipuasan terhadap Fitrianti juga kurang lebih sama” ucap dia.

Kompas TV Kabag Humas Pemprov Sulawesi Utara Christian Iroth mengklarifikasi tentang video dugaan bagi-bagi uang itu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com