Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Rumah di Palangkaraya Ludes Terbakar, 1 Warga Terluka

Kompas.com - 18/06/2018, 21:48 WIB
Kurnia Tarigan,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


PALANGKARAYA, KOMPAS.com - Sebanyak 3 unit rumah di Jalan Pantung, Kelurahan Panarung, Kecamatan Pahandut, Kota Palangkaraya, ludes terbakar, Senin (18/6/2018) sekitar pukul 16.00 WIB. Kebakaran ini menyebabkan satu orang terluka.

Api diduga berasal dari rumah warga bernama Fatimah (50). Fatimah mengaku, awalnya terjadi korsleting listrik dari arah belakang kulkas rumahnya.

Tidak lama kemudian muncul api dan menyambar tabung gas yang berada tidak jauh dari kulkas. 

"Saat itu saya sedang di rumah bersama ibu, ada percikan dari arah belakang kulkas, lalu muncul api, yang langsung membesar dan menyambar tabung gas yang ada di dekat kulkas," kata Fatimah, sesaat setelah dimintai keterangan oleh petugas kepolisian, Senin.

Baca juga: Suka Duka Pemadam Kebakaran Bekerja Saat Lebaran...

Api dengan cepat membesar, membakar seluruh bagian rumah yang terbuat dari kayu itu. Penghuni rumah lalu berlari keluar rumah mencari bantuan. 

"Begitu melihat api membesar, saya berlari keluar, minta tolong ke warga, tapi sepi, lalu saya kembali ke rumah untuk menyelamatkan ibu saya," tambah Fatimah.

Sebanyak 3 mobil pemadam kebakaran milik pemerintah dibantu dengan 5 unit pemadam kebakaran milik swadaya masyarakat dikerahkan untuk memadamkan api. Api berhasil dipadamkan sekitar satu jam kemudian.

Kabagops Polres Palangkaraya Kompol Purwanto menyatakan, pihaknya masih menyelidiki penyebab pasti kebakaran tersebut.

"Petugas belum menemukan penyebab pasti kebakaran, selanjutnya akan dilakukan pendalaman terkait kebakaran ini," kata Purwanto.

Baca juga: Ditinggal Mudik Penghuninya, Rumah di Kompleks Marinir Cilandak Kebakaran

Namun, petugas mengamankan beberapa barang bukti yang diduga sebagai penyebab kebakaran yakni kompor dan tabung gas beserta kulkas.

"Sementara salah satu pemilik rumah yang mengalami luka akibat kebakaran tersebut sudah dirawat di rumah sakit," tambah Purwanto.

Kompas TV Gedung Niaga di kompleks Jiexpo Kemayoran Jakarta Pusat terbakar Selasa (5/6). Kondisi ini sempat membuat para pekerja panik dan berkumpul di luar gedung.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com