Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketua Komisi V DPR RI Jagokan Portugal di Piala Dunia 2018

Kompas.com - 17/06/2018, 21:48 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

KUPANG, KOMPAS.com - Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemi Francis, menjagokan tim sepak bola Portugal sebagai juara Piala Dunia 2018.

Menurut Fary, lebih dari seabad sejak didirikan, tim sepak bola Portugal hanyalah anak bawang di kancah sepak bola dunia.

Pandangan dunia menurut dia baru berubah ketika A Seleção das Quinas menjung­kirbalik­kan semua prediksi pada Piala Eropa 2016.

"Berstatus tim non-unggulan, Portugal justru dengan gagah mampu melangkah hingga final dan menjadi raja Eropa setelah secara dramatis menundukkan tuan rumah Prancis," ungkap Fary, kepada Kompas.com, Minggu (17/6/2018).

Baca juga: Portugal Vs Spanyol, Magi Ronaldo Bawa Tim Keluar dari Momen Sulit

Fary menyebut, energi positif se­bagai juara Eropa itulah yang akan jadi tenaga besar Portugal saat berlaga di Piala Dunia 2018 di Rusia.

"Energi positif juga datang dari filosofi bermain The Navigators ala coach Fernando Santos ” Menyerang membuat anda memenangi pertandingan, bertahan membuat anda memenangi gelar," ucap Fary.

Fary mengatakan, filosofi ini pun diucapkan juga oleh manajer tersukses asal Skotlandia, Sir Alex Ferguson.

Filosofi bermain yang mementingkan pertahanan itu dinilainya dimiliki pelatih Portugal, Fernando Santos.

Eks pelatih Porto dan Timnas Yunani ini dinilai cenderung pragmatis dalam pendekatannya pada sebuah pertandingan.

Baca juga: Ronaldo Hat-trick, Portugal Vs Spanyol Berakhir Imbang 3-3

Dengan cara itulah, lanjut Fary, Santos membawa Portugal perlahan menuju final Euro 2016 dan kemudian menjuarainya.

Jika pertahanan Portugal bisa tetap solid di Piala Dunia 2018, dan tentunya efisien saat menyerang, dia menilai mereka bisa menjadi jawara baru Piala Dunia.

"Sebagaimana slogan Portugal ‘O Passado E Gloria, O Presente E Historia’ yang artinya ‘masa lalu adalah kemuliaan, saat ini adalah sejarah," kata Fary.

Untuk diketahui, Portugal berada di Grub B bersama Spanyol, Iran dan Maroko. Saat ini, Iran berada di posisi pertama klasemen sementara dengan tiga poin.

Sedangkan Portugal berada di posisi dua, setelah pada pertandingan Sabtu (16/6/2018) dini hari, bermain imbang 3-3 dengan Spanyol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com