Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pantai Selatan Gunungkidul Diserbu Wisatawan, Rekayasa Lalu Lintas Pun Dilakukan

Kompas.com - 17/06/2018, 13:20 WIB
Markus Yuwono,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kawasan Pantai Selatan Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, masih menjadi favorit wisatawan dalam menikmati masa libur Lebaran 2018.

Tingginya animo warga menuju pantai membuat polisi memberlakukan rekayasa arus lalu lintas untuk menghindari kemacetan.

Berdasarkan pantauan, sekitar pukul 11.30 WIB, arus lalu lintas di jalur utama, yakni dari Wonosari menuju kawasan pantai selatan, sudah padat sejak di sekitar Balai Desa Karangrejek menuju Simpang Tiga Mulo.

Kepadatan terjadi karena banyak kendaraan yang keluar dari pantai bergantian dengan kendaraan yang menuju ke arah pantai.

Baca juga: Ramainya Pelat B, D, dan F di Pantai Glagah Yogyakarta...

Kasat Lantas Polres Gunungkidul AKP Mega Tetuko menyampaikan, meski ada peningkatan pengguna jalan menuju pantai, saat ini kondisi jalur masih tergolong ramai lancar.

Dari laporan yang diterimanya, sejumlah kawasan kantong parkir di kawasan pantai seperti di Pantai Baron dan Pantai Slili masih bisa menampung kendaraan wisatawan.

"Kami menerapkan satu jalur untuk jalan utama pantai Baron bagi kendaraan besar terutama bus. Hal ini untuk mengantisipasi kepadatan karena sempitnya jalan," katanya saat dihubungi Minggu (17/6/2018)

Pengunjung dari Pantai Baron yang akan menuju ke kawasan timur diharapkan merencanakan lokasi yang akan dikunjungi sehingga tidak berbelok ke barat.

Baca juga: Tradisi Ramadhan di Aceh Besar, Kuah Beulangong Dimasak Para Lelaki

Kendaraan besar yang sudah ke Pantai Kukup bisa keluar melalui jalur jalan lintas selatan (JJLS) untuk menghindari kepadatan.

Begitu pula kendaraan dari arah Yogyakarta yang akan menuju ke pantai bisa menggunakan JJLS masuk ke pantai Baron ke kawasan pantai sebelah timur.

"Keluarnya melalui Simpang Tiga Tepus atau Pantai Pulang Sawal (Indrayanti)," tuturnya.

Salah seorang wisatawan asal Playen, Sujono, mengaku sengaja berwisata setelah dua hari Lebaran untuk bersilaturahim dengan keluarga.

"Pas mudik, dan pengen ke pantai. Kebetulan tahun kemarin belum sempat ke pantai, semoga lancar," kata pemudik asal Bekasi ini.

Target 300.000 wisatawan

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Asti Wijayanti mengatakan, pihaknya menargetkan kunjungan dari 300.000 wisatawan selama libur Lebaran dengan jumlah pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp 2,6 miliar.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com