Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Rendam Sejumlah Kawasan di Sorong

Kompas.com - 17/06/2018, 10:24 WIB
Caroline Damanik

Editor

SORONG, KOMPAS.com - Banjir melanda sejumlah kawasan di Kota Sorong, Papua Barat, setelah hujan deras mengguyur wilayah tersebut, Minggu (17/6/2018) pukul 03.00 WIT.

Berdasarkan pantauan di lokasi yang paling parah terdampak banjir, air menggenangi rumah warga Kampung Baru di kawasan belakang SMP Negeri 1 Sorong dengan ketinggian air hingga lutut kaki orang dewasa.

Sejumlah ruas jalan protokol Kota Sorong yakni kawasan Sorpus, kawasan Jalan Jupiter kilometer 10 dan depan Lapas Sorong juga terendam banjir dan banyak sampah terbawa air.

Baca juga: Kelompok Kriminal Bersenjata Berondong TNI di Puncak Jaya

Ruas jalan dari kawasan kilometer 8-9 Kota Sorong juga terendam air hingga betis kaki orang dewasa yang menghambat arus lalu lintas setempat.

Danu (21), warga kilometer delapan mengatakan, banjir yang merendam rumah warga kawasan itu akibat drainase sudah tertutup tanah.

Dia mengatakan, banjir yang merendam rumah warga kilometer delapan itu bukan baru kali ini, tetapi sudah sering terjadi setiap tahun jika curah hujan tinggi.

Menurut dia, pemerintah daerah setempat berkali-kali meninjau lokasi yang menjadi langganan banjir di kilometer delapan itu. Namun sampai saat ini belum ada tindakan nyata untuk menangani permasalahan banjir tersebut.

"Kami berharap pemerintah Kota Sorong mencari solusi serta serius menangani permasalahan banjir yang selalu melanda perkempungan masyarakat saat musim hujan," ungkapnya.

Baca juga: Menyerahkan Diri, atau Saya Cari Sampai Liang Kubur...

Sementara itu, Marthen (36), salah seorang warga di kawasan belakang SMP Negeri 1 Sorong, menduga, banjir yang merendam rumah warga kawasan tersebut terkait proyek reklamasi pantai yang saat ini sedang berjalan.

"Saluran pembuangan air tidak diperhatikan secara baik oleh pihak pelaksanaan proyek reklamasi pantai sehingga saat turun hujan mengakibatkan banjir bagi masyarakat Kampung Baru, kawasan SMP Negeri 1 Sorong," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com