Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terapung 15 Hari di Lautan, Dua Warga PNG Ditemukan di Perairan Jayapura

Kompas.com - 17/06/2018, 09:09 WIB
Caroline Damanik

Editor

JAYAPURA, KOMPAS.com - Dua warga negara Papua Nugini (PNG) ditemukan terapung dengan jeriken dan ember di perairan Tanah Merah, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu (16/6/2018).

Direktur Polair Polda Papua Kombes Julius Bambang Karyanto mengatakan, kedua warga PNG itu ditemukan oleh nelayan sekitar 57 mil laut dari kota Jayapura.

Keduanya adalah Ori Naug (27), mahasiswa pendidikan guru, dan Grikel (19), warga Pulau Coil Prov. East Sepik PNG.

Kedua nelayan, Sukri (27) dan Muh Rio (24), awalnya mengira mereka hanya bentangan kayu.

"Saat ditemukan, kondisi mereka sudah lemah," kata Bambang, Minggu (17/6/2018).

Dari keterangan kedua korban yang saat ini masih dirawat di RS Bhayangkara, kedua warga PNG itu sebenarnya hendak ke Pulau Wokio, Province East Sepik, dengan menggunakan perahu motor bermesin 40 pk.

Mereka berangkat pada Sabtu (9/6/2018) dengan membawa 15 liter bensin lalu kehabisan bahan bakar di tengah perjalanan sehingga sempat terombang ambing di laut sebelum memutuskan untuk berenang mencari pulau terdekat dengan menggunakan jeriken.

Kedua nelayan langsung memberikan makanan dan minuman yang dibawa dan membawa korban pulang ke rumah mereka di Dok V Bawah serta melaporkannya ke Pos Polair.

Dari keterangan mereka, keduanya sudah terombang-ambing selama 15 hari dan kini masih dirawat di RS Bhayangkara sambil menunggu proses pemulangan yang dilakukan Konsulat PNG di Jayapura, kata Kombes Julius Bambang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com