Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Muat 14.000 Miras Ilegal dari Malaysia, KM Cahaya Tarakan Diamankan TNI AL

Kompas.com - 16/06/2018, 19:45 WIB
Sukoco,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


NUNUKAN, KOMPAS.comTNI AL di wilayah perbatasan Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, mengamankan 14.000 botol minuman keras ilegal dari Kota Tawau, Malaysia, yang akan diselundupkan ke Kabupaten Berau.

Danguspurla Koarmada II Kolonel Laut (P) Erwin Aldedharma mengatakan, belasan ribu botol miras ilegal itu diamankan dari kapal KM Cahaya Tarakan yang berbendera Indonesia, oleh KRI Singa dan KRI Tatihu saat berada di perairan ambang batas laut pulau sekitar Sipadan–Ligitan.

Baca juga: Polisi Lamongan Temukan Pabrik Miras Ilegal di Sebuah Rumah Kosong

"Kapal tersebut memuat kurang lebih 14.000 minuman merek 'Black Label' dan 'Red Label' tanpa dokumen yang sah," ujar Erwin, Sabtu (16/06/2018) sore.

Selain mengamankan belasan ribu botol miras ilegal, TNI AL Nunukan juga mengamankan kapal KM Cahaya Tarakan dengan GT 52 No 59.LLZ 2013 tersebut beserta 5 kru kapal untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

Dari pemeriksaan sementara, kapal KM Cahaya Tarakan tidak dilengkapi dengan dokumen untuk membawa miras.

Baca juga: Polisi Amankan 7.122 Botol Miras Ilegal Asal Singapura

Bahkan, kapal juga tidak memiliki dokumen lengkap termasuk surat kru kapal. "Dokumen kapal tidak lengkap, surat kru juga tidak ada, bahkan daftar muatan tidak ada,” imbuh Erwin.

Nilai dari 14.000 botol miras ilegal yang dimuat oleh KM Cahaya Tarakan diperkirakan mencapai lebih dari 7 miliar rupiah. Untuk melakukan proses hukum selanjutnya, 5 kru kapal beserta kapal diamankan di Mako Lanal Nunukan.

Kompas TV BPOM menyediakan situs online untuk mengecek kode pendaftaran suatu produk makanan maupun minuman.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com