Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Bermagnitudo 5,7 Guncang Utara Papua, Tak Berpotensi Tsunami

Kompas.com - 15/06/2018, 10:10 WIB
Caroline Damanik

Editor

JAYAPURA, KOMPAS.com - Gempa bermagnitudo 5,7 mengguncang Kabupaten Sarmi, Papua, Jumat (15/6/2018) sekitar pukul 07.57 WIT. Gempa di kabupaten di utara Papua ini tidak berpotensi tsunami.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, pusat gempa tektonik ini terjadi pada koordinat 1.93 Lintang Selatan dan 138.93 Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 67 km arah barat laut Sarmi, Papua, pada kedalaman 10 kilometer.

Plt Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi ini termasuk klasifikasi gempa dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Pasifik di New Guinea Trench di sebelah utara Jayapura.

Hasil analisis mekanisme sumber, lanjut dia, menunjukkan bahwa gempa bumi ini dipicu oleh penyesaran miring yang merupakan kominasi antara pergerakan mendatar dan naik (oblique-thrust).

Dampak gempa bumi berdasarkan Peta Tingkat Guncangan (Shakemap BMKG) menunjukkan bahwa guncangan dirasakan di daerah Sarmi berada di level II SIG- BMKG (IV MMI).

Hingga kini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

Oleh karena itu, lanjut dia, warga yang tinggal di pesisir pantai utara Sarmi Papua diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com