Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandung Zoo Prediksi Pengunjung di Liburan Lebaran 2018 Capai 120.000 Orang

Kompas.com - 14/06/2018, 22:55 WIB
Agie Permadi,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Juru Bicara Bandung Zoo Sulhan Safi'i memprediksi bakal ada peningkatan pengunjung yang berwisata ke Kebun Binatang Bandung atau Bandung Zoo di Jalan Taman Sari, Kota Bandung, pada libur Idul Fitri 1439 H, besok, Jumat (15/6/2018).

"Jika tahun lalu pengunjung Bandung Zoo sekitar 108.000 pengunjung, kita estimasikan pengunjung pada libur Idul Fitri 1493 H ini naik hingga mencapai 120.000 pengunjung," kata Sulhan ditemui di Bandung Zoo, Kamis (14/6/2018).

Baca juga: Libur Lebaran, Bandung Zoo Sudah Renovasi Kandang dan Tambah Fasilitas

Untuk mengantisipasi membludaknya wisatawan yang datang, Bandung Zoo telah mempersiapkan tambahan sumber daya manusia, yakni sekuriti, pekerja harian, hingga melibatkan anggota pramuka, anggota Babinsa dan Koramil.

"Kita siapkan pekerja harian 14 orang yang akan disebar di beberapa titik lokasi bandung zoo,"katanya.

Para pekerja harian ini akan ditempatkan di pintu masuk sebagai penunjuk arah, mengawasi satwa-satwa, di arena perahu, dan penempatan di tempat satwa tunggang seperti gajah.

"Satwa tunggang itu maksimal 150 orang perhari, tidak boleh lebih," jelasnya.

Baca juga: Hindari Kawin Sedarah, Rusa Bandung Zoo Ditukar dengan Rusa Solo Zoo

Sementara untuk kantong-kantong parkir, Bandung Zoo juga telah berkoordinasi dengan pihak Sasana Budaya Ganesha (Sabuga).

"Kalau parkir kita kerjasama dengan Sabuga," jelasnya.

Sebelumnya sempat terjadi peristiwa adanya pelemparan rokok yang dilakukan pengunjung ke dalam kandang satwa koleksi Bandung Zoo.

Baca juga: Pasca Orangutan Dilempari Rokok, Kapolda Sarankan Kebun Binatang Bandung Pasang CCTV

Untuk mengantisipasi kejadian serupa, pihaknya telah memperbaiki papan peringatan tersebut yang dibuat lebih besar agar terlihat oleh pengunjung Bandung Zoo.

"Papan larangan sudah dibuah lebih besar, sesuai dengan permintaan polisi, kita juga menempatkan tenda satpam koordinasi sekuriti d kandang Ozon (orangutan), pantau bareng sama keepernya," pungkasnya.

Kompas TV Pihak pengelola kebun binatang memastikan akan memperketat pengawasan terhadap satwa dan para pengunjung.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com