Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

17.000 Pemudik Nikmati KiosK Pertamax di Ruas Tol Fungsional Pejagan-Sragen

Kompas.com - 13/06/2018, 11:57 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SALATIGA, KOMPAS.com - Layanan KiosK Pertamax dari PT Pertamina telah melayani lebih dari 17.000 pemudik yang melalui ruas tol fungsional Brebes hingga Sragen sejak Jumat (8/6/2018). 

Unit Manager Communication aand CSR Pertamina MOR IV Andar Tri Lestari mengatakan, total penyerapan BBM, baik jenis gasoline dan gasoil selama tiga hari pertama dibukanya ruas tol fungsional tersebut mencapai 104.943 liter.

Sedangkan khusus di jalur tol, penjualan Pertamax mencapai 97.215 liter lebih, Pertamax Dex 7.728 liter dan Premium sebesar 370 liter.

Dari seluruh jenis BBM ini, Pertamax Series masih menjadi pilihan utama pemudik.

"Hasil evaluasi kami penjualan pertamax di masa Satgas Idul Fitri 2018 sebesar 3.012 kiloliter atau lebih tinggi 17 persen dari rata-rata normal harian Jateng-DIY," kata Andar, Rabu (13/6/2018) siang.

Baca juga: Konsumsi BBM hingga H-4 Lebaran Naik Signifikan, Pertamina Kepri Cek Pasokan

Andar menjelaskan, pada penyelengaraan arus mudik dan balik lebaran 2018 ini Pertamina all out melayani ketersediaan pasokan BBM bagi para pemudik.

Layanan KiosK Pertamax yang menjual BBM kemasan, mobile dispenser, atau tangki BBM yang dilengkapi dengan dispenser, SPBU Kantong dan layanan 200 motoris yang berjaga di seluruh SPBU siap dioperasionalkan ketika kondisi macet.

"Selama arus mudik Lebaran kali ini, layanan motorist juga telah dilakukan saat terjadi kemacetan arus lalu lintas di ruas tol KM 407,” imbuhnya.

General Manager Pertamina MOR IV, Yanuar Budi Hartanto menambahkan, sejak fungsionalisasi ruas tol dari Pejagan (Brebes) sampai Sragen, Pertamina menyediakan 25 titik KiosK Pertamax di sepanjang ruas tol ini.

Namun para pemudik dibatasi dalam setiap pembeliannya hingga Rp 200.000 di setiap titiknya.

Baca juga: Jika Rest Area Tutup Sementara, Pemudik Diminta Isi BBM di Luar Tol

"Dari 25 titik tersebut, yang paling ramai penjualannya di Rest Area sementara Km 321 dan Km 344 Gringsing. Bahkan di titik Km 344 ini sampai meminta tambahan penjualan 24 kl," kata Yanuar.

Guna mengantisipasi lonjakan kebutuhan konsumen, Pertamina MOR IV menyiagakan mobil tanki isi, untuk memenuhi kebutuhan para pengguna ruas tol fungsional tersebut. Seperti di Rest Area KM 344 ditempatkan hingga empat armada tanki BBM.

“Karena di rest area ini yang banyak pemudik yang beristirahat sebelum masuk ke jalur arteri," imbuhnya.

Kompas TV Terminal Bahan Bakar Minyak Cikampek menjamin ketersediaan BBM jelang Ramadhan dan lebaran.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com