Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk Mampir ke Kampung "Superhero" di Jalur Mudik Pantura Gresik

Kompas.com - 12/06/2018, 15:56 WIB
Hamzah Arfah,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com – Untuk memberikan pelayanan maksimal sekaligus tempat singgah nyaman nan menarik perhatian kepada para pemudik yang melewati Jalur Pantura. Jajaran Polres Gresik mendirikan kampung superhero dadakan.

Kampung superhero tersebut merupakan pos pelayanan yang disediakan bagi para pemudik di Jalur Pantura, khususnya bagi mereka yang melintas dari Jakarta menuju Surabaya maupun sebaliknya.

Lokasinya tepat berada di SPBU Tebaloan yang berada di Kecamatan Duduksampeyan, Gresik, Jawa Timur.

Baca juga: Kampung Piala Dunia di Yogyakarta, dari Wayang Bersepatu Bola hingga Spot Lucu Selfie

Di tempat yang memang sengaja dijadikan rest area bagi para pemudik tersebut, beragam fasilitas coba ditawarkan, mulai dari tempat santai yang dibuat menyerupai kafe, mushala, tempat baca, simulator SIM beserta kartu VAR, aplikasi Go Sigap yang menjadi andalan Polres Gresik, hingga tempat bermain anak sampai pijat gratis.

“Kami berharap, fasilitas yang sudah kami buat sedemikian ini dapat bermanfaat bagi para pemudik. Dengan harapan, mereka yang capek dapat beristirahat di sini meski sejenak, supaya dapat melanjutkan perjalanan dengan aman dan lancar sampai tempat tujuan,” ujar Kapolres Gresik AKBP Wahyu Sri Bintoro, Senin (11/6/2018).

Baca juga: Banyak yang Terpesona Trah Soeharto...

Pernak-pernik superhero memang sengaja dipilih untuk dapat menarik perhatian pemudik. Terlebih, bagi mereka yang membawa anak supaya mereka dapat terhibur. Meskipun dalam rest area itu terdapat bermacam fasilitas bagi orang dewasa yang bisa dinikmati.

“Ada fasilitas bengkel yang siap membantu pemudik, baik mereka yang mengendarai roda dua maupun roda empat. Ada juga traffic incident center yang siap melayani pertolongan pertama bila terjadi kecelakaan lalu lintas,” lanjut dia.

Dalam penanganan kecelakaan, juga disiapkan tenaga medis plus mobil ambulans yang berjaga selama 24 jam penuh. Selain itu, dilengkapi pula alat bantu pemadam kebakaran sebagai antisipasi bila terjadi hal yang tidak diinginkan.

Baca juga: Kapolri: Kalau Tidak Bisa Atasi Begal, Kapolresnya yang Saya Begal...

Kasatlantas Polres Gresik AKP Wikha Ardilestanto menambahkan, ide untuk pembuatan kampung superhero dalam pos pelayanan kali ini memang terinspirasi dari serial Avengers yang sempat booming beberapa waktu lalu.

Pasalnya, ada tokoh dari film kartun yang memang disukai oleh kalangan remaja dan anak-anak.

“Kalau menarik kan pasti mengundang rasa penasaran pemudik untuk singgah, apalagi lokasinya juga pas di SPBU. Jadi sekalian mengisi BBM kendaraan, barangkali anaknya ingin melihat sehingga ayah yang mengemudi bisa istirahat sejenak untuk melepas penat sebelum melanjutkan perjalanan,” tutur Wikha.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com