Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik Pakai Kereta Api, Penumpang Dapat Makan Takjil dan Sahur Gratis

Kompas.com - 12/06/2018, 14:50 WIB
Agie Permadi,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung berikan pelayanan khusus selama arus mudik lebaran 2018 ini yakni memberikan makan takjil dan sahur bagi pemudik secara gratis saat sedang melakukan perjalanan mudik dengan menggunakan kereta.

"Kita berikan takjil untuk penumpang yang boarding pass pada jam lima sore ini, kemudian takjil di stasiun berupa paket kurma dan air mineral, dan sahur kita berikan gratis juga itu laynan khusus," kata Manager Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Joni Martinus yang ditemui di Stasiun Bandung, Selasa (12/6/2018).

Tidak hanya itu, pihaknya juga menambah fasilitas toilet untuk mengantisipasi antrian di toilet. "Fasilitas juga kami tambah toilet, untuk laki-laki lima, perempuan empat. Ini untuk antisipasi kereta api datang bersamaan sehingga terjadi antrian panjang pada saat penumpang ke toilet," terangnya.

Sebelumnya diberitakan, H-3 atau Selasa (12/6/2018) ini diprediksi akan kembali terjadi puncak arus mudik ke-2, setelah sebelumnya puncak arus mudik sempat terjadi pada H-6 lalu.

Baca juga: Pemuda Berkostum Pocong Membagikan Takjil Gratis

Berdasarkan pemesanan tiket KA utama saja yang terpantau di PT KAI Daop 2 Bandung H-3 ini saja okupansinya sudah mencapai 14.000 tiket. Itu belum belum termasuk KA lokal yang telah disediakan sekitar 50.000 tiket.

"KA utama bisa di pesan dari sini, dan okupansinya sudah sampai 14.000 itu juga kalau tidak ada pembatalan karena kadang penumpang suka ada yang reschedule atau membatalkan perjalananya. intinya setiap hari kami menyediakan 61.000 tiket untuk semua jenis kereta api," bebernya.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, pihaknya menyediakan empat kereta tambahan menuju arah timur Bandung seperti Surabaya, Jogjakarta, Solo, dan Kertoarjo. "H-4 sampai H+4 ini sudah penuh dipesan penumpang," katanya.

Kompas TV Komunitas ICS atau Info Cegatan Solo berkeliling dan konvoi kota Solo untuk membagi-bagikan makanan berbuka gratis untuk warga yang berpuasa.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com