Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Bebas dari Macet di 2 Titik, Pemudik Bisa Lewati Tol Pandaan-Malang

Kompas.com - 11/06/2018, 22:17 WIB
Achmad Faizal,
Farid Assifa

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Dengan memanfaatkan tol fungsional Surabaya-Malang, pemudik setidaknya bisa menghindari 2 titik kemacetan di jalur Pandaan-Malang. Yakni di perempatan Pandaan Pasuruan, dan Pasar Singosari di Kabupaten Malang.

Di hari-hari biasa, kedua titik tersebut merupakan sumber kemacetan. Di perempatan Pandaan merupakan lokasi pintu tol Pandaan-Surabaya. Sementara di Singosari, penyebab macet adalah pasar tumpah.

"Insya Allah tol fungsional bisa memecah konsentrasi kendaraan di 3 titik tersebut," kata Dirut Jasa Marga Pandaan-Malang, Agus Purnomo, Senin (11/6/2018).

Tol Pandaan-Malang, kata dia, terdiri 5 seksi, dan hanya difungsikan 2 seksi saat angkutan lebaran sejak H-7 sampai H+7 pasca-lebaran.

Baca juga: Dirut SNJ: Tanjakan Tol Salatiga-Kartasura Hanya 7,2 Derajat

Dua seksi itu, kata Agus, seksi 1 dari Pandaan ke Sukorejo, lalu seksi 3 dari Sumberwuni Lawang hingga ke Karanglo Singosari.

"Jadi dari Sukorejo, pemudik masih melewati jalan nasional, lalu masuk lagi ke Sumberwuni. Dengan melalui 2 seksi tol fungsional itu, pemudik bisa lepas dari kemacetan di Pandaan, Lawang, dan Singosari," jelasnya.

Baca juga: [HOAKS] Informasi Tanjakan di Tol Salatiga-Kartasura 50 Derajat

Progres pembangunan Tol Pandaan-Malang sepanjang 38,4 kilometer sendiri saat ini sudah mencapai 90 persen untuk pengadaan tanah, dan 53 persen untuk pembangunan fisik. Sesuai target, ruas tol non Trans Jawa itu akan beroperasi awal 2019.

Kompas TV Sebuah truk milik Dinas Kebersihan DKI Jakarta nyaris terjun dari atas jalan tol setelah menabrak pembatas jalan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com