Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Sudirman Said Bangun Jawa Tengah Bebas dari Korupsi

Kompas.com - 09/06/2018, 22:18 WIB
Labib Zamani,
Farid Assifa

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Calon Gubernur Jawa Tengah Sudirman Said mempunyai tiga cara untuk membangun pemerintahan di Jawa Tengah bebas dari korupsi. Pertama, memasukkan kembali semangat kebijakan berbasis pengetahuan.

"Artinya, kita harus dekat dengan kampus, lembaga pemikiran supaya norma-norma pemimpin kebijakan bisa diambil," kata Sudirman Said di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (9/6/2018).

Yang kedua, lanjut dia, menerapkan sistem manajemen kinerja. Orang yang berprestasi diberikan penghargaan. Kemudian yang mangkir dalam tugas harus diberi sanksi.

"Itulah yang namanya keadilan," kata dia.

Kemudian yang ketiga adalah menempatkan pemimpin sebagai teladan. Yaitu, sebagai penggerak perubahan, dimulai dari gubernur dan wakil gubernurnya, sehingga akan tercipta pemerintahan yang bersih.

"Saya selalu membayangkan kalau setiap ada acara resmi gubernur bisa berceramah sedikit saja, satu dua menit. Sampun enggih (sudah ya) korupsi sampun katah (korupsi sudah banyak), empun stop korupsi, panjengan semua adalah pejabat publik," terang dia.

Baca juga: Sudirman Said Akui Tidak Cemas Elektabilitasnya Terus Menurun Sesuai Hasil Survei

Apabila itu diulang secara terus menurus dan dikerjakan oleh gubernurnya, jelas Sudirman, maka Jawa Tengah akan berubah. Keteladan merupakan kunci untuk mengubah keadaan dan kondisi Jawa Tengah.

Lebih jauh, dia menilai kasus korupsi yang dilakukan para kepala daerah memicu tingginya angka kemiskinan di Jawa Tengah.

"Saya kok makin hari semakin berpikir bahwa jangan-jangan ada hubungan antara tingginya korupsi di Jawa Tengah dengan angka kemiskinan," ujarnya.

Baca juga: Sudirman Said Soroti Banyaknya Kepala Daerah di Jateng yang Ditangkap KPK

Kompas TV Meski elektabilitasnya naik, Ganjar tetap ungguli Sudirman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com