Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Fungsional Pemalang-Semarang Dibuka, Gerbang Tol Manyaran Padat

Kompas.com - 08/06/2018, 17:51 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Tol fungsional dari Pemalang-Semarang dibuka mulai Jumat pukul 06.00 WIB. Pembukaan jalan tol fungsional itu langsung berimbas ke padatnya ruas Gerbang Tol Manyaran di Kota Semarang, Jawa Tengah.

General Manager PT Jasa Marga Cabang Semarang Johannes Mancelly di kantornya, Jumat (8/6/2018) mengatakan, sejak tol dibuka, GT Manyaran mengalami lalu lintas peningkatan sekitar hingga 25 persen hingga siang tadi.

Hingga pukul 14.30 WIB, kendaraan yang melintas di GT Tol Manyaran telah mencapai 25.605 kendaraan. Pada hari normal, kendaraan yang melintas di tol itu sekitar 20.000 kendaraan.

"Tadi pagi sampai 10.30 WIB, lalu lintas yang masuk Manyaran mencapai 14.000 kendaraan. Sampai 14.30 ada 25.600 kendaraan, itu arah masuk. Itu belum satu hari sudah lebih 100 persen," kata Johannes.

Baca juga: Tol Fungsional Palindra Dibuka untuk Pemudik, Gratis Sepanjang 15 Km

Kepadatan lalu lintas terjadi sejak pagi tadi hingga siang. Antrean mengular di depan gerbang tol Manyaran. Namun pada sekitar 15.00 WIB, kendaraan telah kembali normal.

Penumpukan kendaraan salah satunya karena adanya tambahan kendaraan dari jalur tol fungsional.

"Hari biasa, total per hari 20.000 kendaraan yang arah masuk. Baru setengah hari sudah lebih 25 persen," katanya.

Baca juga: Mudik Lewat Tol, Simpan Nomor Call Center Berikut Ini

Jasa Marga sendiri memprediksi puncak pada Minggu 10 Juni atau H-5 Lebaran. Pada waktu puncak, jumlah kendaraan GT Manyaran diprediksi mencapai 43.000 kendaraan.

Untuk antisipasi, pihaknya bakal melakukan rekayasa lalu lintas. Salah satunya dengan memanfaatkan 12 gate yang tersedia. Jika memungkinkan juga bakal dilakukan upaya contraflow dari simpang susun hingga Tol Manyaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com