Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bersih-bersih Pantai Satelit Banyuwangi, 30 Menit Dapat 510 Kg Sampah

Kompas.com - 08/06/2018, 17:44 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Sekitar 70 relawan mengumpulkan sampah di Pantai Satelit di Desa Tembokrejo, Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, dalam rangka Hari Laut Sedunia, Jumat (8/6/2018).

Mereka berasal dari kalangan pelajar dan anggota kelompok masyarakat pesisir di Kecamatan Muncar. Hanya dalam waktu 30 menit, mereka mengumpulkan sampah sebanyak 510 kilogram.

"Kebanyakan sampah adalah sampah plastik, sampah rumah tangga termasuk pembalut dan popok bayi. Saat kami ambil di permukaan pasir, ternyata di bawahnya banyak sekali, sampahnya," ungkap Retno Kusuma, Asisten Proyek Manta Watch, Jumat.

Baca juga: Kisah TKW Bebas dari Hukuman Mati: Dikurung 21 Hari, Sumiati Dituduh Santet Anak Majikan

Retno tidak menyangka, mereka bisa mengumpulkan sampah sebanyak 510 kilogram karena pemungutan sampah dilakukan secara manual, yaitu dengan menggunakan tangan.

Menurut Retno, Pantai Satelit dipilih karena selama ini banyak sampah yang menumpuk di sekitar Pantai Setelit Muncar, padahal Muncar selama ini dikenal dengan salah satu pelabuhan ikan terbesar di Indonesia.

Baca juga: Terungkap, Mayat Wanita Terbungkus Kardus di Medan Bernama Rika Karina

Bahkan saking banyaknya sampah di Pantai Satelit, menurut Retno, banyak kambing peliharaan masyarakat yang makan sampah di sekitar Pantai Satelit serta di beberapa pantai yang ada di sekitarnya.

"Muncar ini jadi pintu masuk ke Banyuwangi melalui pintu laut. Jadi kami ingin menggerakkan masyarakat untuk lebih peduli dengan lingkungan, khususnya laut," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com