Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Piala Dunia, Warga di Pamekasan Cat Rumahnya dengan Bendera Negara Kontestan

Kompas.com - 07/06/2018, 16:26 WIB
Taufiqurrahman,
Reni Susanti

Tim Redaksi

PAMEKASAN, KOMPAS.com - Menjelang perhelatan piala dunia, warga Desa Tentenan Timur, Kecamatan Larangan, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur mengecat rumahnya dengan bendera kontestan piala dunia.

Pengecatan mulai dari pagar rumah sampai ke kamar tamu dan kamar tidur.

Jalan utama di desa ini penuh dengan pernak-pernik piala dunia. Selain bendera kontestan, ada juga lukisan tembok wajah pemain yang akan berlaga di piala dunia.

Seperti Neymar dari Brazil, Lionel Messi dari Argentina, Mesut Ozil dari Jerman dan maskot piala dunia Rusia.

Baca juga: Pengacara: Setelah Digugat Anaknya Rp 1,6 Miliar, Kini Mak Cicih Dilaporkan ke Polisi

Kepala Desa Tentenan Timur, Farid Afandi mengatakan, pernak-pernik piala dunia di desanya rutin dilakukan warga.

Mereka selalu antusias menyambut piala dunia atau Piala Eropa dengan cara mengecat rumah, pagar dan bendera ukuran raksasa dikibarkan di depan rumah-rumah warga.

"Mereka keluarkan uang sendiri untuk menghias desa menjadi kampung piala dunia. Setiap piala dunia atau Piala Eropa selalu begitu," kata Farid Afandi, Kamis (7/6/2018).

Farid menambahkan, rata-rata warga di desanya adalah mania bola. Mulai dari yang tua hingga anak-anak. Mereka juga menyiapkan layar lebar di beberapa tempat untuk nonton bersama.

"Meskipun banyak yang beda dukungan tim, tapi mereka rukun tidak sampai saling hujat tim kebanggan masing-masing saat pertandingan," imbuh Farid.

Baca juga: Megahnya Islamic Center, Megaproyek yang Mengantar Bupati Purbalingga ke Tahanan KPK

Fathor Rahman, salah satu warga pendukung Timnas Argentina menuturkan, rumahnya sengaja dicat bendera Argentina dan gambar Messi.

Dirinya memiliki keyakinan, Argentina akan juara tahun ini dengan gemilangnya penampilan Lionel Messi dan pemain lainnya.

Farid Afandi sendiri menjagokan timnas Brazil. Menurutnya, penampilan pemain Brazil di klubnya sangat bagus dan bisa membawa klubnya lolos ke final piala Champions kemarin. Ditambah lagi penampilan Neymar di PSG cukup baik.

"Brazil saya prediksi akan bertemu lagi dengan Jerman di final dan Brazil yang akan membawa pulang pialanya," kilahnya. 

Kompas TV Sebuah hotel di Solo, Jawa Tengah, membuat replika masjid dari bola sepak dengan tujuan untuk memeriahkan event pertandingan boal dunia.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com