Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pastikan Pemudik Aman, Polres Demak Cek Kesehatan Sopir dan Kendaraan

Kompas.com - 06/06/2018, 08:46 WIB
Ari Widodo,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

DEMAK, KOMPAS. com - Lebaran hampir tiba beberapa hari ke depan. Seperti biasa, mudik menjadi tradisi khas masyarakat Indonesia tiap menjelang peraqyaan Lebaran atau Idul Fitri.

Para pemudik biasanya mempercayakan diri kepada alat transportasi umum yang akan membawa mereka ke kampung halaman masing-masing.

Menyambut para pemudik yang melintas di wilayah Demak, Satuan Lalulintas Polres Demak bersama Urusan Kedokteran dan Kesehatan Polres Demak, pada musim mudik Lebaran tahun 2018 ini , menggelar cek kesehatan bersama, bagi kru maupun penumpang angkutan bus terutama Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP).

Baca juga: Viral Foto Pre Wedding Berlatar Merapi Meletus, Bukan Hal Disengaja

Para sopir yang mengemudikan bus besar tersebut tentunya harus dalam kondisi fit mengingat tugasnya membawa puluhan nyawa dalam perjalanan yang panjang.

"Ada sekitar 50 orang yang mendapatkan pelayanan kesehatan gratis ini. Diharapkan para sopir bus menjaga kesehatannya dalam bekerja, mengingat mereka membawa penumpang yang pastinya membawa keselamatan nyawa penumpangnya," kata Kepala Urusan Pembinaan Operasional Satlantas Polres Demak Iptu Margiyanta, Selasa (5/6/2018) pagi.

Hasilnya, ada beberapa sopir yang mengaku kondisinya tidak terlihat fit karena banyak minum suplemen, padahal sebenarnya mereka capek. Tapi demi kejar setoran mereka harus terlihat sehat dan kuat.

"Sopir ini kan rawan, misal gara-gara kecapaian kemudian dia malah meminum obat yang dilarang agar terlihat fit sehinga efeknya dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain," ucap Perwira Urusan Kesehatan Ipda Suprapto.

Baca juga: Nasib Bambang, Maling Ponsel yang Terkunci di Mobil Korbannya

Kapolres Demak AKBP Maesa Soegriwo menyatakan, selain sopir, kendaraan juga harus dalam kondisi 'sehat' saat melaju di jalan raya sehingga tak ada hambatan dalam perjalanan mudik.

"Cek 'kesehatan' untuk kendaraan meliputi kelayakan kendaraan berupa surat kendaraan, roda kendaraan, kelistrikan, lampu utama, lampu sein, wiper, klakson, gas dan rem, serta kondisi kabin kendaraan," terang Kapolres.

Rencananya, cek terpadu kru dan armada angkutan umum akan menjadi agenda rutin yang ditempatkan di Terminal Demak, sebagai antisipasi tindakan keselamatan di jalan raya.

"Ke depannya kita perlu kerja sama lagi dengan instansi terkait agar bisa selalu tersedia layanan kesehatan di Terminal Demak sehingga pemeriksaan kesehatan tidak hanya saat tertentu saja," pungkasnya. 

Baca juga: Terinspirasi Film Porno, Seorang Ayah Hamili Anak Kandungnya

Kompas TV Diduga, bus mengalami rem blong hingga lepas kendali. Polisi telah mengamankan sopir bus pariwisata tersebut.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com