Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sapi Milik Anak Yatim Piatu yang Dicuri, Rencananya untuk Sekolah

Kompas.com - 04/06/2018, 23:21 WIB
Hamzah Arfah,
Reni Susanti

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com – Jajaran Polres Gresik mengamankan N (41), FA (25), dan HS (26), pencuri sapi dan kambing di Kabupaten Gresik beberapa bulan terakhir.

Total, sebanyak 20 ekor sapi dan 13 kambing yang dicuri ketiga pelaku, terhitung sejak Oktober 2017.

Termasuk dua ekor sapi milik Muhammad Fajar Assodikin (16) dan Aidatul Fitri Zuhriyah (10), kakak-beradik yatim piatu yang dititipkan di kandang sang paman, Afuan (53) warga Dusun Druju, Desa Pangkahkulon, Kecamatan Ujungpangkah, Gresik.

“Itu dapat bantuan (sumbangan) dari orang, dua ekor tapi masih kecil waktu itu. Kemudian dirawat oleh paman. Tapi baru mulai besar dicuri orang akhir tahun kemarin,” ujar Fajar di sela pers rilis di Mapolres Gresik, Senin (4/6/2018).

Baca juga: Komplotan Pencuri Embat Ternak Milik Anak Yatim Piatu di Gresik

Padahal sebagai anak yatim piatu, mereka cukup menggantungkan harap pada 2 ekor sapi itu.

Suatu hari nanti, hewan ternak tersebut bisa digunakan untuk menopang biaya hidup serta pendidikan mereka.

“Kasihan keduanya sudah tidak lagi memiliki bapak dan ibu. Ini kemarin dikasih orang dan saya yang merawatnya," ucap Afuan.

"Harapannya saya kembang-biakkan untuk biaya mereka, baik untuk menyambung hidup dan biaya sekolah nantinya. Tapi belum sempat terlaksana, sudah dicuri orang,” tambahnya.

Melihat sapi peliharaan mereka hilang dicuri orang, Fajar dan Fitri menangis. Meski sang paman sudah mencoba menguatkan mereka berdua.

“Untuk kehidupan sehari-hari mereka ikut saya. Makanya sapinya itu juga dititipkan kepada saya," tuturnya.

"Tapi namanya anak-anak, apalagi yatim piatu dan kurang mampu, begitu tahu sapi miliknya hilang dicuri orang ya sempat nangis. Karena mereka sempat bilang, ingin ternakkan sapi itu untuk biaya sekolahnya,” terang Afuan.

Baca juga: Kisah Soesilo Toer, Adik Pramoedya Ananta Toer yang Bergelar Doktor dan Kini Jadi Pemulung (1)

Merasa kasihan dan iba dengan kedua saudara yatim piatu tersebut, Kapolres Gresik AKBP Wahyu Sri Bintoro dan juga Kasatreskrim Polres Gresik AKP Tiksnarto Andaru Rahutomo, memberikan santunan.

“Ini sebagai bentuk simpati kita saja, kasihan, apalagi masih anak-anak dan masih memiliki masa depan panjang. Apalagi, dua ekor sapi itu bakal dikembang-biak untuk menunjang biaya sekolah mereka,” ucap Wahyu.

Wahyu menambahkan, pola yang dikembangkan ketiga pelaku dalam mencuri puluhan hewan ternak tersebut terbilang cukup rapi.

Sehingga dari beberapa bulan beroperasi, berhasil diamankan pihak kepolisian.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com