Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bercanda Bom di Kereta Api, Siap-siap Diturunkan di Stasiun Terdekat

Kompas.com - 04/06/2018, 20:46 WIB
Achmad Faizal,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Sanksi untuk penumpang yang bercanda tentang bom tidak hanya diterapkan untuk penumpang pesawat. Penumpang kereta api yang bercanda tentang bom juga akan dikenakan sanksi.

"Yang bercanda tentang bom di atas kereta akan diperiksa dan diturunkan di stasiun terdekat, lalu kami limpahkan ke polisi," kata Senior Manager Keamanan PT KAI Daop VIII Surabaya Made Gerinayasa, Senin (4/6/2018).

Dia mengatakan, pengamanan tersebut sudah merupakan prosedur tetap di kereta api, selain pengamanan yang dilakukan di pintu masuk menggunakan alat metal detector.

Baca juga: Bercanda soal Bom, 2 Anggota DPRD Diturunkan dari Pesawat

Sepanjang angkutan lebaran 2018, PT KAI Daop 8 menyiagakan 500 lebih petugas keamanan. Selain Polsuska yang melekat di perjalanan kereta, juga ada pasukan keamanan yang disebar di 52 stasiun di wilayah Daop VIII.

"Selain dari pasukan keamanan internal, sepanjang angkutan lebaran, kami juga melibatkan pengamanan dari TNI dan Polri," ucapnya.

Posko angkutan lebaran PT KAI ditetapkan selama 22 hari sejak 5 Juni hingga 26 Juni 2018. Perjalanan kereta api yang melalui Daop VIII sebanyak 87 perjalanan kereta api.

Baca juga: Sabtu Mengejutkan di Universitas Riau, 3 Terduga Teroris dan Bom yang Dirakit di Kampus

Kereta api penumpang reguler sebanyak 81 rangkaian, dan kareta api tambahan sebanyak 6 kereta api.

Jumlah pemudik yang berangkat maupun yang datang melalui stasiun di wilayah PT KAI Daop VIII tahun ini diprediksi mencapai 762.037 penumpang. Naik 3 persen dari tahun sebelumnya yang mencapai 737.824 penumpang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com