Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Arus Mudik Lebaran, Solo Pasang Barikade di Jalur Macet dan Liburkan CFD

Kompas.com - 04/06/2018, 04:50 WIB
Labib Zamani,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Ratusan rambu barikade dipasang Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo, Jawa Tengah, untuk memperlancar arus lalu lintas kendaraan pada arus mudik dan balik Lebaran di Solo.

Pemasangan rambu barikade dimulai dari Jalan Slamet Riyadi kawasan Kerten, Kecamatan Laweyan, Solo, Minggu (3/6/2018) malam.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kota Solo Ari Wibowo mengungkapkan, pemasangan rambu barikade dipusatkan di dua titik di Solo. Yaitu, di Jalan Slamet Riyadi di kawasan Kerten dan di Jalan Yos Sudarso di kawasan Coyudan. 

Menurut dia, dua kawasan tersebut merupakan jalur padat kendaraan. 

Baca juga: Dishub Solo Sediakan Mobil Derek Gratis 24 Jam Selama Arus Mudik dan Balik

"Ada 150 unit rambu barikade yang kami pasang untuk menghilangkan titik-titik crossing kendaraan. Sehingga arus menjadi lebih lancar," kata Ari disela pemasangan rambu barikade di Kerten, Solo, Minggu malam.

Pada angkutan Lebaran 2018, Dishub Kota Solo memprediksi jumlah kendaraan yang masuk Kota Solo akan meningkat 3 persen dari tahun lalu yang kenaikannya hanya 0,98 persen dari rata-rata biasa. Pada Lebaran tahun lalu ada sekitar 7,9 juta kendaraan yang masuk Solo.

"Tahun ini ada sekitar 8,1 juta kendaraan yang kami perkirakan masuk Solo pada saat arus mudik Lebaran," imbuh dia.

Menurut Ari, dengan adanya pemasangan rambu barikade tersebut kendaraan tidak bisa seenaknya memotong jalur ditengah padatnya arus lalu lintas.

Baca juga: Kakorlantas Sebut Ada 10 Titik Rawan Macet di Jalur Mudik Trans Jawa

"Secara keseluruhan kami (Dishub) sudah siap untuk menyambut masa angkutan Lebaran. Mulai dari pemasangan rambu RPPJ, barikade maupun rest area (tempat peristirahatan)," terang dia.

CFD

Sementara untuk mendukung kelancaraan kendaraan selama arus mudik dan balik Lebaran, kegiatan car free day (CFD) di Jalan Slamet Riyadi Solo mulai tanggal 10, 17 dan 24 Juni 2018 diliburkan.

"Selama tiga pekan mulai H-5 Lebaran sampai H+7 Lebaran kegiatan CFD kita liburkan untuk mendukung arus mudik dan balik Lebaran," tambah Kepala Dishub Kota Solo Hari Prihatno.

Kompas TV Kepala Terminal Pulogebang Ismanto memprediksi puncak arus mudik di Terminal Pulo Gebang akan terjadi pada tiga hari menjelang hari raya Idul Fitri.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com