Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaga Pasokan Listrik Saat Idul Fitri, PLN Maluku Siagakan 725 Personel

Kompas.com - 02/06/2018, 12:47 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - PLN Wilayah Maluku dan Maluku Utara akan menyiagakan 725 personelnya di seluruh unit pembangkit listrik di dua wilayah itu, dalam rangka mengamankan pasokan listrik saat Idul Fitri 1439 Hijriah.

"Ratusan petugas yang dikerahkan untuk mengamankan pasokan listrik di wilayah Maluku dan Maluku Utara itu akan bertugas selama 24 jam terhitung sejak H-7 hingga H+7 perayaan Idul Fitri," kata Deputi Manajer Hukum dan Humas PLN Maluku-Maluku Utara, Ramli Malawat, kepada waratwan di Ambon, Jumat (1/6/2018).

Ramli menyatakan, ratusan petugas itu disiagakan untuk menjaga pasokan listrik agar saat menjelang dan setelah perayaan Idul Fitri tidak ada gangguan listrik.

Baca juga: Senyum Warga Kepulauan Natuna setelah Listrik PLN Masuk...

Saat ini, kata dia, daya listrik di Maluku dan Maluku Utara sangat mencukupi untuk ketersediaan pasokan listrik selama Idul Fitri.

"Contohnya seperti di sistem Ambon sendiri, daya mampu yang dimiliki oleh PLN yaitu sebesar 70,3 MW dan diperkirakan beban puncak saat Idul Fitri mendatang akan mencapai 50,9 MW, sehingga terdapat cadangan daya sebesar 19,4 MW," ungkap dia.

Sementara untuk sistem Ternate-Tidore, daya mampu yang dimiliki oleh PLN yakni sebesar 44,2 MW dengan beban puncak diprediksi akan mencapai 31,1 MW, sehingga terdapat cadangan daya sebesar 13,1 MW.

Baca juga: PLN Listriki 13 Desa di Natuna

"Di samping itu, PLN juga akan menyiapkan posko pengamanan siaga Idul Fitri 1439 Hijriah yang tersebar di seluruh unit PLN. Kesiapan itu dilakukan PLN sebagai langkah antisipasi maupun percepatan pemulihan apabila terjadi gangguan aliran listrik," terang dia.

Ramli menambahkan, pada bulan Ramadhan ini wilayah Maluku dan Maluku Utara sedang dilanda cuaca yang cukup ekstrem seperti hujan deras dan angin kencang. Hal itu tentunya juga berdampak pada sistem kelistrikan.

Baca juga: Sebelum Tambah Subsidi, Sri Mulyani Teliti Keuangan PLN dan Pertamina

“Atas gangguan yang terjadi itu kami memohon maaf kepada pelanggan atas ketidaknyamaman yang mungkin dialami. Kami juga menghimbau kepada masyarakat agar bersama-sama menjaga infrastruktur kelistrikan di sekitarnya, seperti menjaga kebersihan jaringan dari pohon. Apabila terdapat gangguan listrik di sekitar, agar langsung menghubungi contact center PLN 123," pinta dia.

Kompas TV Pemerintah Kabupaten Karo menggratiskan listrik bagi korban letusan Gunung Sinabung.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com