Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Abu Vulkanik Merapi Capai Laut Selatan Jawa, Nelayan Diimbau Pakai Masker

Kompas.com - 02/06/2018, 12:25 WIB
Iqbal Fahmi,
Farid Assifa

Tim Redaksi

CILACAP, KOMPAS.com - Badan Meteorolgi Klimatologi dan Geofisika merilis foto satelit cuaca Hiawari persebaran abu vulkanik akibat aktivitas Gunung Merapi yang terjadi pada Jumat (1/6/2018) pagi.

Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Cilacap, Rendi Krisnawan mengatakan, hingga pukul 15.00 WIB, material abu vulkanik telah menyebar hingga Semarang, Kudus, Wonogiri dan area perairan Samudera Hindia selatan Jawa Tengah.

“Saat ini satelit menangkap gambar poligon debu vulkanik telah menyebar di perairan Samudera Hindia selatan Yogyakarta dan Purworejo, kemungkinan material debu terus bergerak ke arah barat menuju perairan selatan Kebumen dan Cilacap,” katanya.

Baca juga: Semarang Tak Luput dari Hujan Abu Vulkanik Gunung Merapi

BMKG memprediksi, material abu vulkanik merapi tidak mencapai daratan selatan. Sebab, angin terus bergerak ke arah barat daya.

“Kami mengimbau masyarakat, khususnya nelayan dan warga pesisir pantai untuk memakai masker agar terlindung dari bahaya terpapar material debu vulkanik,” imbaunya.

Kompas TV Ini merupakan hujan abu yang ketiga kalinya sejak 4 hari terakhir.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com