Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebaran, Pasukan Oranye Tetap Masuk dengan Sistem Shift

Kompas.com - 31/05/2018, 16:26 WIB
Labib Zamani,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Pasukan oranye dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surakarta akan dilemburkan saat Lebaran 2018. Petugas kebersihan yang masuk tersebut akan menerima honor lembur sebagai pengganti karena mereka masuk di hari libur Lebaran.

"Ada sekitar 260 petugas kebersihan yang kita siagakan saat Lebaran," kata Kepala Bidang (Kabid) Persampahan Dinas Lingkungan Hidup Surakarta Pompi Wahyudi kepada Kompas.com, di Solo, Jawa Tengah, Kamis (31/5/2018).

Pasukan oranye yang diterjunkan tersebut akan dibagi menjadi tiga shift setiap harinya, yakni pagi, siang dan malam hari.

"Mereka siaga di lokasi masing-masing. Ada siaga pagi, siaga pagi dan malam. Misal pagi itu di jalan protokol, seperti Jalan Adi Sucipto, Jalan Slamet Riyadi, daan Jalan Urip Sumoharjo. Kemudian dilanjutkan petugas yang siaga siang sampai malam," terangnya.

Baca juga: THR Pasukan Oranye Cair Paling Lambat 5 Juni

Disamping menerjunkan petugas kebersihan, Pompi mengungkapkan, semua sarana dan prasarana pendukung lain milik DLH Surakarta juga akan diterjunkan pada Lebaran nanti. Di antaranya ada tiga unit truk L300, 11 unit truk, 11 unit dump truk dan empat unit amr roll.

Menurut Pompi, dari pengalaman Lebaran tahun lalu produksi sampah mengalami peningkatan. Sebagian besar didominasi sampah plastik atau bekas pembukus makanan.

"Kawasan yang kita antisipasi ada Jalan Slamet Riyadi, kawasan pusat oleh-oleh, dan kuliner seperti soto gading. Karena kawasan ini merupakan sumber peningkatan sampah," terang Pompi.

Baca juga: Ketika Wali Kota Magelang Makan Nasi Kotak Bareng Pasukan Oranye

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surakarta Sri Wardhani Poerbowidjojo menambahkan, petugas kebersihan yang masuk di Hari Raya Idul Fitri alias tidak libur cuti Lebaran akan diberikan honor lembur.

"Mereka yang masuk saat Lebaran diberikan honor lembur sebagai penggantinya," jelas Wardhani.

Kompas TV Andai Jakarta Tanpa Pasukan Oranye
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com