Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BIG Luncurkan Atlas Jalur Mudik 2018 Dilengkapi Informasi Kebencanaan

Kompas.com - 30/05/2018, 16:14 WIB
Ramdhan Triyadi Bempah,
Reni Susanti

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Badan Informasi Geospasial (BIG) meluncurkan atlas jalur mudik 2018 di Kantor Badan Informasi Geospasial, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Rabu (30/5/2018).

Atlas tersebut hasil kerja sama dengan Institut Teknologi Nasional (Itenas), Direktorat Jasa Marga, Badan Pengelola Jalan Tol Nasional, dan Satuan Korps Lalu Lintas Mabes Polri. 

Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG) Hasanuddin Zainal Abidin mengatakan, atlas jalur mudik 2018 ini memuat peta jalur mudik.

Tidak hanya di Pulau Jawa-Bali saja, namun juga Sumatera, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Selatan.

Baca juga: Bayi Dilempar dari Lantai 2 dalam Kebakaran Rumah Kos yang Tewaskan 8 Orang

Selain valid, keunggulan atlas jalur mudik ini juga menyimpan informasi mengenai tarif tol serta kebencanaan yang ditujukan kepada pemudik sebagai bahan referensi.

"Atlas jalur mudik 2018 ini berbasis kepada informasi geospasial yang akurat, terbaru, dan informasinya dapat dipertanggungjawabkan. Kami juga menonjolkan informasi-informasi tentang jalur mudik alternatif," ucap Hasanuddin.

Hasanuddin mengklaim, atlas ini sudah divalidasi oleh tim BIG dan Itenas. Validasi dilakukan terutama pada jalur utara, baik tol dan non-tol, jalur tengah, dan jalur selatan Pulau Jawa.

Hal itu, sambung dia, mempertimbangkan bahwa jalur-jalur tersebut merupakan jalur yang sering dilalui pemudik. 

Baca juga: Menhub: Mudik Jangan Mepet Lebaran...

Untuk wilayah yang sering terjadi rawan kemacetan, dibuatkan informasi khusus jalur alternatif yang lebih detil.

"Yang lebih unik lagi, kami sengaja menampilkan kekhasannya yaitu rupa bumi 3 dimensi terkait wilayah-wilayah landscape, seperti ada perbukitan dan pegunungan," sebutnya.

Lebih lanjut, selain dalam bentuk cetak (offline), pihaknya menyediakan atlas mudik dalam format digital (online).

Pemudik dapat mengaksesnya melalui tanahair.indonesia.big.go.id. Sementara, versi cetak dalam format pdf bisa dilihat di www.big.go.id.

"Untuk keperluan distribusi, atlas ini dicetak sebanyak 16.500 eksemplar dan akan disebarluaskan kepada masyarakat pada H-10 Idul Fitri," katanya.

"Rencana ke depan, BIG bersama Itenas akan menyusun basis data transportasi terintegrasi seluruh Indonesia, sehingga pelayanan kepada masyarakat khususnya informasi jalur mudik dapat disiapkan lebih baik," tutup dia.

Kompas TV Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan semua jalur sudah siap untuk dilewati arus mudik dan balik.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com